Pendidikan

Mahasiswa PPL STKIP Taman Siswa Observasi Lapangan

Bima, Bimakini.com.-    Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima semester 7 yang mengikuti  kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)  melaksnakan observasi pendidikan pada sejumlah sekolah. Satu di antaranya di SMPN 2 Bolo Kabupaten Bima.

Pendidikan Jasmani dan Rekreasi STKIP Taman Siswa, M. Hafidun, mengatakan, sesuai ketentuan kampus, PPL akan dilaksanakan selama dua bulan. Secara umum, kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai bekal bagi mahasiswa keguruan sebelum engajar. Sebelumnya, seluruh mahasiswa yang melaksanakan praktik tersebut mengikuti bimbingan dan pembekalan selama tiga hari meliputi materi observasi, administrasi pendidikan, dan ujian kompetensi.
“Alhamdulillah respons sekolah tempat kami praktik sangat positif, mudah-mudahan dengan kegiatan ini menjadi pengalaman berarati bagi kami. Ada sinkonisasi antara teori dengan kenyataan di lapangan,” katanya di SMPN 2 Bolo, kemarin.
    Hafidun mengungkapkan, peserta PPL melaksanakan praktik secara berkelompok, setiap sekolah terdiri dari 17-21 mahasiswa dan harus lengkap dari setiap jurusan. “Kalau khusus kami yang praktik di sini, ada 21 mahasiswa, jumlahnya bisa bervariasi setiap sekolah,” ungkapnya.
    Hal yang sama diungkapkan Mahfud, peserta PPL lainnya. “Kami berharap dengan kegiatan praktik ini ada output positif terutama untuk sekolah, ada inovasi baru yang kami gali untuk dijadikan teknik baru misalnya metode  pembelajaran yang efektif,” katanya. (BE.17)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top