Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Pengumpulan ZIS 2013 Diprediksi Meningkat

Kota Bima, Bimakini.com.-   Pencapaian jumlah Zakat, Infak dan Sadakah (ZIS) di Kota Bima tahun depan diprediksi meningkat jika beberapa hal bisa dilakukan. Hal utama yang dilakukan adalah membentuk amil atau petugas pengumpul yang profesional, jujur, amanah, dan bertanggung jawab. Atau yang bekerja tanpa tendensi.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi (Kasi) PK Pontren Kantor Kementerian Agama (Kemnag) Kota Bima, H. Anwar Efendi, SH, Rabu (29/8).

Katanya, menjadi petugas ZIS tidak memiliki gaji husus melainkan sebagai pekerja sosial yang mengejar ridha Allah. Dalam pengelolaan ZIS, wajib dilakukan secara transparan agar muzaki atau masyarakat bisa terus ikhlas dan sadar membayar ZIS.

          Langkah transparansi ini, katanya, pengurus harus bekerja sama dengan media untuk melaporkan pencapaian ZIS setiap bulan, sehingga muzaki percaya kepada pengurus dan bergairah membayar ZIS. Selain itu langkah yang paling penting juga adalah pengurus intesinf  menyuluh pada setiap kesempatan untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya ZIS untuk pribadi maupun umat.

          Katanya, penyuluhan itu bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan para dai maupun ustadz, saat  berdakwah bisa menyelipkan ajakan  agar menyadari ZIS. Setelah beberapa langkah tersebut, maka pendayagunaan harus tepat sasaran. Pendayagunaan ZIS sangat besar jika kesadaran Muzaki lebih besar pula.

       Dijelaskannya, ZIS bisa membangun berbagai macam usaha yang menyejahterakan masyarakat, termasuk delapan asnaf, seperti membangun industri yang pekerjanya adalah unsur delapan asnaf itu.

          Jika itu mampu dilakukan, diyakininya, Kota Bima tidak ada lagi fakir miskin dan kaum duafa. Bahkan, dengan kekuatan ZIS tersebut, pengangguran saja bisa digaji karena masyarakatnya sudah sejahtera.

       Dia membandingkan kesejahteraan masyarakat berbagai Negara di Timur Tengah yang mampu mengelola industri besar dengan kekuatan ZIS. Bahkan, sebagian diberikan kepada Negara Islam lainnya yang membutuhkan.

       “Kalau saja ini bisa dilakukan dengan totalitas, saya yakin ke depan kekuatan ZIS kita bisa membangun masyarakat yang sejahtera,” ujarnya. (BE.18)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan, SH,  hadiri pendistribusian ZIS konsumtif fakir miskin, bantuan tambahan modal penjualan (BAKULAN), usaha kecil rumah...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Ketua Badan Amil Zakat Nasuonal ( Baznas) Kabupaten Bima, H. Abubakar H. Usman, menilai munculnya riak atau gejolak terkait dengan dana Zakat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebanyak  48 warga  diberikan bantuan Zakat Infaq dan Sadaqah (ZIS)  oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bima  beberapa waktu lalu. Di...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebanyak 702 orang Fakir Miskin yang masuk kategori konsumtif maupun produktif, fisabilillah, Pondok Pesantren (Ponpes) di Kecamatan Bolo menerima Zakat, Infaq dan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.-Pencanangan Bulan Bakti Gotong-Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kota Bima dilakukan Jumat (08/11)di halaman Pemerintah  Kota Bima. Kegiatan itu dirangkai dengan Hari Kesatuan...