Politik

Penyerahan KTA NasDem Tertinggi, Demokrat Nihil

Kota Bima, Bimakini.com.- Sebagian besar partai politik (Parpol) sudah menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima. Hingga Senin, masih ada tiga Parpol yang belum melengkapinya, yakni PNBKI, PKB dan Partai Demokrat.

Dari semua Parpol yang menyerahkan KTA itu, NasDem lebih dari 2.000 lembar, sedangkan Partai Demokrat masih nihil.
Ketua KPU Kota Bima, Hj. Nur Farhaty, M.Si, mengatakan hingga Senin (17/9) siang, jumlah yang menyerahkan KTA sebnayak 26 Parpol, hanya saja ada Parpol yang melebur sehingga menjadi 25. Dua Parpol yang melebur itu, Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), gabungan dari PIB dan PKB versi Yeni Wahid.
“Untuk KTA masih ada yang belum melengkapinya, namun sebagian besar sudah memenuhi,” ujarnya kepada Bimakini.com di KPU Kota Bima, Senin siang.
Dia mengharapkan, bagi Parpol yang belum melengkapi bekas, diberi betas hingga 29 September mendatang. Jumlah KTA yang dikumpulkan oleh Parpol rata-rata menggunakan perbandingan 1.000: 1 dari 147.400 jiwa penduduk.
Informasi yang diperoleh Bimakini.com, Partai Demokrat belum menyerahkan satu lembar KTA pun. Namun, Ketua KPU Kota Bima, menyampaikan bahwa Pengurus Demokrat sudah dimintai melengkapi KTA dan telah menyetujuinya.
Katanya, ada juga Parpol yang telah mendaftar ke KPU Kota Bima, namun di tingkat Pusat tidak lolos verifikasi. Tiga parpol itu adalah  Partai Pemuda Indonesia, Barisan Nasinal, dan Partai Bintang Reformasi. Pada 14 September lalu, ada Partai Republik yang mendaftarkan diri dan menyerahkan sebanyak 322 KTA.
“Nanti akan ada verifikasi administrasi dan factual. KTA yang diserahkan ke KPU masih sebatas pengakuan,” ujarnya.
Verifikasi itu akan dilaksanakan pada 26 Oktober dan berakhir 18-20 Desember. Itu termasuk hasil pemberitahuan dan perbaikan oleh Parpol. (BE.16)
 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top