Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Peredaran Produk Makanan dan Minuman Didesak Diawasi

Kota Bima, Bimakini.com.-   Sejumlah warga Kota Bima meminta agar Dinas Kesehatan (Dikes) Kota dan Kabupaten Bima mengintensifkan pengawasan terhadap produk makanan dan minuman yang diperjualbelikan di tengah masyarakat. Pengawasan  itu mendesak dilakukan agar masyarakat tidak dirugikan. Permintaan itu menyusul penemuan sejumlah tabung air minuman dalam kemasan yang dijual tanpa mencantumkan masa penggunaan (kedaluwarsa).  

Warga Kota Bima, Ida, mengharapkan agar pemerintah terus mengidentifikasi semua penjualan produk air minum untuk mengantisipasi kemungkinan masyarakat mengonsumsi barang yang tidak memenuhi ketentuan. Apalagi, terdapat sejumlah merek yang dijual di Kota dan Kabupaten Bima. Tidak hanya soal produk minuman, tetapi juga makanan. Misalnya penggunaan formalin dan boraks pada barang dagangan tertentu. “Kita harapkan agar semua produk yang diperjualbelikan diawasi rutin agar masyarakat tidak dirugikan. Barang yang sudah kedaluwarsa sangat berbahaya jika dikonsumsi,” katanya di Santi, kemarin.

Dia juga meminta agar pihak perusahaan lebih berhati-hati sebelum mengedarkan produk karena munculnya kesalahan teknis bisa merugikan citra mereka di depan publik.

       Warga Kelurahan Jatiwangi, Akbar, juga menekankan kepada masyarakat sebagai pihak konsumen agar lebih teliti dalam memilah produk bermutu yang layak untuk dikonsumsi. Sebab, jika tidak teliti dalam membeli produk masyarakat sendiri yang menjadi korban dan dirugikan.

     Dia mendesak pemerintah agar bertindak tegas terhadap pihak yang tidak mematuhi aturan demi menyelamatkan masyarakat. “Kami berharap pemerintah lebih tegas lagi dalam menindak perusahaan yang tidak mengindahkan teguran jangan sampai hanya berani bersuara saja,” harapnya.

(BE.20)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Di tengah merebaknya virus Covid-19 di Wilayah Kota Bima, selain masalah kelangkaan oksigen, ternyata beberapa produk untuk meningkatkan imnu sulit diperoleh...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Kontroversi pembagian los pasar Tente semakin meruncing saja. Pembahasan yang berkali-kali dilakukan, belum menemukan titik temu penyelesaian. Aksi demo saling menyuarakan aspirasi...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...

Opini

 Oleh: Musthofa Umar, S. Ag, M.Pd.I (Tulisan ini disampaikan pada Tausiyah PC PMII Bima di Masjid Al Anshor Penatoi – Kota Bima)  Berdasarkan tinjauan...