Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Sertijab Kejari, Joko Pergi Eko Datang

Kota Bima, Bimakini.com.- Setelah bertugas sekitar empat tahun, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Raba Bima, Drs. Joko Purwanto, SH, meninggalkan Bima. Pria kalem asal pulau Jawa itu digantikan Eko Prayitno, SH, MH. Serah terima jabatan (Sertijab) dua pejabat penegak hukum  itu berlangsung Senin (10/09) malam di hotel Mutmainah.

Joko mendapat tugas baru di Kabupaten Ciamis Jawa Barat mulai 12 September 2012, sedangkan Eko merupakan Koordinator Kejaksaan di Jawa Tengah. Eko akan aktif menjabat Kejari Raba Bima setelah dilantik Kejati NTB pada 12 September mendatang. Suasana prosesi Sertijab berlangsung penuh haru dan kekeluargaan.
    Wakil Wali Kota Bima, H.A.Rahman, SE, Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST dan sejumlah pejabat dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Bima, menghadiri acara. Selain itu, Wakil Bupati Bima,  Sekda Kota Bima, Ketua DPRD Kabupaten Bima, Kepala KPKN, Kepala Adpel Bima, Kepala Kemenag Kabupaten Bima dan sejumlah pejabat lain, juga hadir dalam acara itu. Wakil Wali Kota Bima dan Bupati Bima, menyampaikan pesan dan kesan dalam acara Sertijab malam itu.
    Joko Purwanto mengapresiasi dan menyampaikan rasa syukur atas kerjasama semua pihak di Kota dan Kabupaten Bima selama ini. Terutama untuk Wali Kota dan Bupati Bima, Pengadilan Negeri (PN) Raba Bima, Kepolisian Resort  (Polres) Bima Kota dan Polres Bima Kabupaten. “Saya menyampaikan terimakasih yang mendalam atas hubungan dan kerjasama yang terjalin selama ini,” katanya.
    Joko meminta maaf kepada semua pihak, jika ada sikap, tutur kata, dan tingkah laku yang tidak berkenan, selama empat tahun melaksanakan tugas di Bima. Dia meminta doa restu agar di tempat tugas yang baru dapat melaksanakan amanah dengan baik. “Semoga Kejari yang baru dapat menjalin kemitraan yang lebih harmonis,” ujarnya.
     Kejari Raba Bima, Eko Prayitno, SH, MH, menceritakan beberapa bagian dari kiprah pada lembaga Adhiyaksa itu sebelum pindah tugas ke Bima. Diantaranya, pernah bertugas di Kejaksaan Agung RI. Terakhir, sebagai Koordinator Kejaksaan di Jawa tengah.
       Pria yang lahir dan besar di Jakarta itu, mengisyaratkan, di Bima akan melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebaik-baiknya. Penegakkan supremasi hukum sesuai aturan dan Undang-Undang yang berlaku, adalah komitmen moral yang akan diaplikasikan di Dana Mbojo.
     Dia mengharapkan, masyarakat Kota dan Kabupaten Bima dapat menerima dan dapat menjalin kerjasama yang baik, sesuai tugas pokok dan fungsi (Tuoksi). “Tanggal 12 September ini, saya akan dilantik di Kejati NTB di Mataram,” katanya.
    Wakil Wali Kota Bima H. A. Rahman, SE, mengapresiasi kerjasama Pemkot Bima dan Kejari yang dibangun Joko Purwanto. Selama setahun terakhir, Kejari telah banyak berbuat untuk Kota Bima.
     Salahsatunya, diakui Rahman, telah membantu memediasi Pemkot dengan pihak BRI berkaitan dana senilai Rp8 miliar milik Pemkot Bima. Dana itu dibekukan pihak BRI, karena dijadikan agunan (jaminan) pihak ketiga.
      Berkat dukungan dan bantuan Joko Purwanto, katanya, dana itu bisa dicairkan kembali menjadi milik Pemkot Bima. “Dana itu kini kami gunakan untuk percepatan pembangunan,” ujar Rahman.
     Selain itu, lanjutnya, berkat dukungan dan bantuan Joko, Pemkot mendapat  predikat wajar dengan pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam hal pengelolaan keuangan daerah. Sebelumnya, BPK memvonis disclaimer. “Pengelolaan keuangan daerah kami kini sudah membaik. Itu berkat dukungan dan bantuan Pak Joko,” tandasnya.
      Atas nama Pemkot dan masyarakat Bima, Rahman mengharapkan Joko lebih sukses melaksanakan tugas pada tempat baru. “Untuk Pak Eko Prayitno, kami ucapkan selamat datang,” katanya.
      Bagaimana tanggapan Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnaen, ST? Katanya, Joko terlalu cepat meninggalkan Bima. Kendati begitu, diyakininya Joko akan lebih sukses melaksanakan tugas sebagai abdi negara pada tempat baru. “Pak Joko banyak memberikan usul dan saran pada kami untuk pembangunan daerahi,” katanya.
     Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan, tahun 2014 mendatang Kabupaten Bima ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Keraton. Kemudian kegiatan dua abad letusan Gunung Tambora pada tahun 2015 mendatang. (BE.19)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kasus dugaan korupsi dengan gadai fiktif kembali ditelurusi Kejaksaan Negeri (Kejari) Raba Bima. Kali ini penyidik tengah menangani dugaan korupsi di Kantor...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.- Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Dompu kembali mengadakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dua  jabatan Kapolsek di Mapolres Dompu, Senin (02/10/2017). Kapolsek yang dilantik dan diserahterimakan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Dr H Anwar Usman, SH, MH, memberi sinyal bagi pejabat yang menyelesaikan tugasnya di Dana Mboko. Katanya,...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada AKBP. M. Eka Faturrahman, S.Ik dan AKBP. Ahmad Nurman, S.Ik...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kabupaten, AKBP M Eka Fathurrahman, SIK dan Kapolres Bima Kota, AKBP Ahmad Nurman Ahmad, SIK, mengkahiri masa tugasnya, Jumat...