Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMPN 2 Maksimalkan Pemanfaatan Teknologi Komputer Jaringan

Kota Bima, Bimeks.-

     Sejumlah sekolah mulai beralih memaksimalkan manfaat teknologi komputer jaringan atau yang kerap dikenal ICT. Hal yang sama juga mulai dilakukan sekolah favorit di Bima Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Kota Bima.

       Kepala SMPN 2 Kota Bima, Drs Jailan, mengaku, penerapan ICT yang ditandai pemasangan jaringan internet tanpa kabel dilakukan  setelah pemerintah menekankan  evaluasi program sertifikasi melalui Uji Kompetensi Guru (UKG), beberapa waktu lalu. “UKG beberapa waktu lalu sedikit tidak menghasilkan output penting, termasuk sekolah kami sehingga kami ingin memaksimalkan penerapan teknologi komputer jaringan,” katanya di SMPN 2, Kamis.

     Mantan Kepala SMPN 2 Sape Kabupaten Bima ini optimis setelah jaringan hotspot di sekolah dipasang, akan memaksimalkan proses belajar- mengajar (KBM). Apalagi, tidak hanya guru yang memanfaatkan fasilitas tersebut, namun juga siswa rata-rata menggunakan laptop. “Memang untuk mengukur efektivitas perlu penelitian dan sebagainya, tapi kami sangat yakin dengan memanfaatkan teknologi ini maka pembelajaran semakin efektif, beda dengan pola konvensional,” katanya.

    Soal efek negatif,  seperti penggunaan jaringan internet untuk browsing situs-situs porno, Jailan yakin seluruh siswa tidak akan melakukannya. Apalagi, selama ini siswa sekalu dibimbing melalui pembinaan keimanan dan ketakwaan (Imtaq). Kendati demikian, sekolah akan berupaya maksimal termasuk berkoordinasi dengan orangtua siswa untuk membimbing.

“Kalau filter melalui aplikasi atau penyaringan konten saya rasa tidak maksimal, lebih baik menanamkan edukasi kepada anak-anak, mengingatkan agar tidak menggunakan untuk hal yang berbau negatif, itu lebih efektif karena ada semacam kesadaran,” katanya.

     Dikatakannya, terlepas dari penyalahgunaan atau dampak negatif, bagaimana pun internet tetap dibutuhkan guru dan siswa, terutama untuk mencari bahan mengajar atau materi pelajaran. Menyusul pemasangan jaringan hotspot, seluruh guru SMPN 2 sudah berkomitmen membeli laptop, walaupun melalui dukungan koperasi. “Rencananya kami juga akan menyiapkan LCD (Liquid Cristal Display), sehingga guru-guru tidak perlu capek menerangkan dengan pola konvensional, selain itu guru juga bisa memanfaatkan internet untuk memberikan tugas kepada murid,” katanya.

    Jailan menambahkan, selain memanfaatkan ICT, program lain yang terus digenjot sekolah setempat meningkatkan mutu guru dan siswa. Dalam waktu beberapa hari lagi, aktivitas guru dan Kepala Sekolah akan dipindahkan ke lokal baru yang dibangun dari siswa lebih anggaran rehab laboratorium dan perputakaan.

Sebelumnya, beberapa hari lalu, siswa setempat tercatat sebagai jawara lomba panjat tebing NTB di Mataram. “Konsentrasi saya saat ini ingin berbuat banyak untuk kemajuan sekolah, demi kemajuan dunia pendidikan,” ungkap pria yang akan memasuki masa pensiun 7 Oktober 2014 mendatang ini. (BE.17)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, sangat peduli dengan kepentingan masyarakatnya. Termasuk dengan pilihan berbagai teknologi yang ditawarkan dan yang akan diterapkan di...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tahun 2017 nanti, Desa Campa Kecamatan Madapangga dan Desa Sampungu Kecamatan Soromandi, dipastikan tidak akan terisolir lagi dari jaringan komunikasi untuk telepon...

Politik

Dompu, Bimakini.com.- Sebagai tindaklanjut Silaturrahmi Lintas Aktor se Kabupaten Dompu, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Nggahi Rawi Pahu menggelar Pilkada Damai Go to School. Kegiatan...

Pendidikan

Bima,Bimakini.com.- Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Wawo, Eddy Ilhamsyah, kembali terpilih sebagai 99 nominator pada Lomba bergengsi Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini.com.-   Oknum yang mengaku wartawan salahsatu media terbitan Jakarta terlibat kasus pemukulan, Kamis lalu.  Wakil Kepala SMAN 2 Woja Bagian Humas, Jainudin, S,Pd,...