Connect with us

Ketik yang Anda cari

Dari Redaksi

Aroma Miras Pelajar

Lagi-lagi soal minuman keras (Miras) menghentak memori publik Mbojo. Dua pelajar sekolah menengah atas kepergok membawa botol Miras di dalam  tas mereka. Ironisnya lagi, mereka masih mengenakan seragam sekolah. Miras yang diakrabi oleh para pelajar memang bukan lagi berita baru. Warna kenakalan mereka bahkan bisa lebih dari itu, misalnya terperangkap penggunaan Narkoba, perjudian, perkelahian, dan lainnya.

Kita layak masghul. Remaja terjebak barang yang seharusnya mereka hindari. Tampilan perilaku pelajar Mbojo itu adalah sedikit gambaran bahwa peredaran Miras sudah sedemikian marak sehingga pangsa pasarnya mendekati remaja. Jika kita keliling  berbagai wilayah pada malam hari pun, kumpulan di pinggir jalan tidak lagi serius membahas pelajaran, tetapi perkembangan dunia gemerlap terkini diselingi Miras. Memang wadahnya air minum kemasan, tetapi sesungguhnya itu sudah berganti isi.

Kita mengharapkan penelusuran kasus dua remaja itu didalami untuk memancing “ikan’ yang lebih besar. Beragam kasus pengungkapan kepemilikan Miras sejak enam bulan terakhir adalah sinyal bahwa bahan perusak generasi itu ada di sekitar kita. Siapa tahu telah lama menjadi ‘suplemen’ pelajar di tengah konsumsi harian mereka. Kekuatiran pantas pula diusung. Antisipasi peredaran Miras tidak saja untuk memastikan bahwa masyarakat tidak dibuai cairan itu, tetapi agar generasi mendatang tidak bermental fly. Sulit diharapkan prototipe remaja Mbojo jika mereka akrab dengan Miras dan perilaku negatif lainnya.

Meski demikian, dua remaja itu tidak sertamerta mengubur berbagai prestasi pelajar lainnya pada ajang lomba. Ada yang sukses dalam Olimpiade Pelajaran, olahraga, dan kreativitas lainnya. Sejatinya, pada mereka-lah para pelajar berkaca diri, berusaha menyaingi prestasinya, bahkan melampauinya. Berlomba dalam prestasi adalah komitmen yang seharusnya terus digelorakan hingga batas terjauh.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kata kunci bagi pelajar kita dalam persiapan merenda masa depan adalah menggumandangkan proklamasi komitmen berprestasi dan meningkatkan kualitas karakter dalam semangat motto: Prestasi Yes, Miras dan Narkoba No! (*)                      

 

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait