Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

GELAR akan Jelajah Budaya dan Keunikan Bima

Kota Bima, Bimakini.com.-GELAR adalah komunitas pecinta seni dan budaya yang berbasis tradisi, satu di antara kegiatan rutinnya adalah Program Jelajah Budaya Nusantara (Cultural Trip), program berbasis komunitas dan dirancang khusus bagi mereka yang suka traveling, pecinta dan pemerhati seni budaya secara umum.

Community Development GELAR, Eko Maryanto, menjelaskan para peserta akan diajak menikmati keragaman budaya lokal hingga menyaksikan keragaman kesenian tradisi maupun ritual unik dan asli langsung di tempat budaya tersebut berasal. Satu  di antara destinasinya adalah Kota dan Kabupaten Bima NTB.

Kegiatan di  Bima  dilaksanakan pada 25- 26 Oktober 2012 dan diikuti Female Radio Jakarta, National Geographic Traveler, National Geographic Indonesia, dan Kompas Media Holding.

     “Seperti biasa yang kami lakukan pada kegiatan jelajah budaya ini kami didampingi oleh narasumber ahli dari kota/daerah yang kami jadikan destinasi. Saya mengetahui Bapak Alan Malingi dari blog dan tulisan-tulisannya sangat bagus untuk dijadikan referensi,” ujarnya dalam  pernyataan pers, Rabu.

Dikatakannya, Cultural Trip to Sumbawa kali ini  bertujuan agar mengenal lebih dekat lagi tentang unsur-unsur budaya lokal otentik dari wilayah Sumbawa, khususnya Bima yang meliputi peninggalan bangunan atau situs bersejarah seperti keraton Bima, tradisi kuliner masyarakat, tradisi kesenian maupun hasil kerajinan.

“Rombongan Cultural Trip to Bima ini sebanyak 17 orang yang terdiri dari para pecinta seni dan budaya serta beberapa jurnalis,” katanya.

Alan Malingi menambahkan, Tim Jelajah Nusantara sebagian besar adalah teman-teman Twitter dan para blogger. Untuk itu, telah merancang  rute kunjungan  sejak mendarat dari Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima pada Kamis (25/10), makan siang di Warung Makan Rahman dengan menu bandeng bakar dan sambal Bima, menuju Desa Adat Mbawa dan susu kuda liar di desa Palama dan Mpili. “Kemudian Mampir di pasar sila untuk mencicipi Pangaha Bunga dan Mina Sarua di Bontokape,” katanya.

Selanjutnya, senja hari menyusuri teluk Bima dan menikmati sunset di Dana Taraha. Pada malam hari, menikmati masakan khas Bima dan suguhan atraksi seni budaya tradisional di Lengge Wawo.

Tanggal 26, usai shalat Idhul Adha di lapangan Serasuba, Tim GELAR mengunjungi Museum Asi Mbojo, Sentra Tenun Dahlia di Rabadompu dan makan siang di Museum Samparaja. Setelah itu, meneruskan perjalanan ke Dompu dan Sumbawa. (BE.12)  

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

Opini

Oleh: Asikin, S.Pi   Keanekaragaman budaya yang dimiliki Bangsa Indonesia, menjadi keunikan yang sangat membanggakan dimata dunia. Sebagai bangsa yang majemuk, yang terdiri atas...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...