Olahraga & Kesehatan

Kesadaran Manfaatkan Pertolongan Persalinan terus Meningkat

Kota Bima, Bimakini.com.-Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Kesehatan (Dikes) dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak, membuahkan hasil. Pada hampir setiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas),  data mengenai angkat kematian ibu dan anak dapat ditekan hingga angka nol persen.

      Bidang Pelaksana Puskesmas Rasanae Timur, Sri Suhada, S.ST, mengatakan, kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan pertolongan persalinan pada fasilitas kesehatan terus meningkat, sehingga tidak ada lagi ibu hamil dan melahirkan ditangani dukun beranak. Apalagi, Pemkot Bima menyiapkan bidan desa/kelurahan. Bahkan, dalam satu kelurahan ada yang dua hingga tiga orang bidan.
“Khusus di Kecamatan Rasanae Timur, semua kelurahaan memiliki bidan. Ada yang hanya satu bidan, tetapi ada juga yang memiliki dua hingga tiga bidan,” ujarnya di Puskesmas Rasanae Timur, Jumat (19/10).
Kata dosen STIKES Yahya ini, saat seorang ibu memasuki usia kehamilan tua atau mendekati tanggal perkiraan lahir, perasaan deg-degan tidak bisa dipungkiri sering menghinggapi. Sesuatu yang wajar, karena sebentar lagi proses yang membutuhkan pengorbanan luarbiasa akan terjadi. Rasa mulas saat kontraksi dan sakit saat proses persalinan berlangsung sering menghantui para ibu hamil. 
Namun, katanya, bagaimanapun itu pada akhirnya tentunya banyak ibu berharapbisa berlangsung cepat, aman, dan selamat. Oleh karena itu, , banyak cara bisa dilakukan oleh para ibu hamil agar proses persalinan dapat berlangsung dengan cepat, yakni mengikuti standar pemeriksanaan yang telah ditentukan yakni paling minim memeriksakan kehamilan selama empat kali. Lebih banyak akan lebih baik lagi. 
“Kalau bisa setiap bulan. Bahkan, jika ada keluhan cepat beritahukan kepada bidan. Pemeriksaan itu dilakukan dengan gratis,” katanya.
Saat ini, katanya, fasilitas yang disediakan pemerintah telah ada tinggal bagaimana masyarakat memanfaatkan fasilitas yang ada. “Kita berharap dengan adanya bidan desa atau kelurahan akan mendekatkan pelayanan bagi ibu hamil. Apalagi, kegiatan posyandu terjadwal dengan baik untuk memeriksakan ibu dan anak,” katanya. (BE.13)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top