Politik

KPU Rekrut Penyelenggara Tingkat Kecamatan dan Desa

 

Bima, Bimakini.com.-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, mulai menggenjot persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilikuda) Provinsi NTB dan Pemilu Legislatif. Saat ini, lembaga itu sedang  merekrut penyelenggara tingkat kecamatan dan desa.

    Ketua KPU Kabupaten Bima, Nursusilawati, S.IP, MM, menjelaskan,  sejak beberapa hari lalu Komisi setempat merekrut penyelenggara tingkat kecamatan dan desa, masing-masing personel Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Selanjutnya, sesuai jadwal, hasil perekrutan tersebut akan diumumkan pada 25 Oktober dan 26 Oktober dilanjutkan tahapan verifikasi faktual Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu Legislatif (Pileg) Tahun 2014. 
“Saat ini kaitan dengan Pilgub dan Pileg, kami sedang berupaya merampungkan beberapa tahapan, di antaranya perekrutan personel tingkat Kecamatan dan PPS,” katanya kepada wartawan di Sekretariat KPU Kabupaten Bima, kemarin.
    Dijelaskannnya, verikasi faktual KTA Parpol nanti meliputi kepengurusan Parpol seperti wawancara dan pengecekan Ketua, Sekretaris dan Bendahara Parpol, pengecekan lokasi sekretariat dan keterwakilan unsur perempuan sebanyak 10 persen. “Saat verifikasi nanti akan kami acak atau secara random sampling, mencocokkan kebenaran data yang diserahkan Parpol. Kalau hasil pengecekan KTA tidak sesuai dengan pengakuan pemilik nama akan dibuatkan berita acara,” katanya.
    Kendati jumlah pengurus Parpol yang akan diverivikasi, Nursusilawati optimis seluruh tahapan tersebut rampung sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Sesuai rencana,  verifikator nanti akan dibagi empat tim dibantu pegawai Sekretariat KPU setempat. (BE.17)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top