Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Rumah Gagal Dibedah, Warga Tambora Pasrah

Bima, Bimakini.com.-Ratusan warga Kecamatan Tambora Kabupaten Bima kini dirundung kekecewaan. Rumah mereka gagal direnovasi. Padahal, warga ini sudah menyerahkan uang kepada Kepala Desa (Kades) sebagai syarat bisa diperbaiki.

Kepastian ini mereka peroleh setelah  berkomunikasi dengan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bima,  Rifai Ahmad, M.Si,  melalui telepon seluler, Minggu (28/10) di Tambora.
    Dalam percakapan tersebut, Rifai menjelaskan, berdasarkan persetujuan dari Kementerian Perumahan Rakyat terhadap proposal yang diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima mengenai perbaikan rumah tidak layak huni hanya disetujui 300 unit rumah saja. Padahal, yang diajukan sebanyak 2.700 lebih untuk tahun 2012.
Karena jumlah yang yang disetujui terbatas, maka Bappeda memrioritaskan dahulu beberapa kecamatan yang rumah warganya rusak parah. “Kecamatan Tambora termasuk yang tidak mendapat jatah tahun ini,” ujar Rifai.
Sebelumnya, saat kegiatan BBGR awal September lalu di Tambora, Bupati Bima berjanji mengupayakan perbaikan rumah di Tambora rata-rata 30 rumah per desa.
  Nurdin, warga Desa Oi Panihi, mengaku kecewa seteaeh mendengar informasi tersebut. Apalagi, sudah mengeluarkan biaya seperti yang diminta Kades. Selain itu, warga juga lama menunggu untuk mendapat kepastian tersebut.
“Kalau rumah saya tidak jadi dibedah, saya akan tuntut Kades,”  ujarnya di Tambora.
Hal yang sama juga diungkap Samsi, warga Rasabou. Dia kecewa karena tidak ada informasi yang jelas mengenai perbaikan rumah itu. Aparat desa terkesan  tertutup, padahal masyarakat menunggu kepastian.
Mengenai penarikan uang senilai Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per kepala keluarga, katanya, inisiatif Kades Oi Panihi, Junaid. “Sebagai Kadus saya hanya diperintah Kades mengumpulkan uang. Kades yang bertanggung jawab,” ujarnya. (BE.14)

Share
Komentar

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Tiga warga Desa Sanolo, Kecamatan Bolo, sekaligus simpatisan atau pendukung Cakades nomor urut 4, Usman yang biasa disapa Dae Papua melaporkan kasus...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Program bedah rumah di Desa Oi Bura Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima disoalkan oleh anggota kelompok penerima bantuan. Dana bersumber dari Dinas Sosial...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kasus dugaan penganiayaan terjadi di persimpangan Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Senin (27/3) sekira pukul 18.30 WITA.  Oknum anggota Kepolisian Sektor...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima, Kamis (9/3/2017) memantapkan persialan untuk pelaksanaan event Bike Camp dan Trabas jelajah Tambora. Persiapan kegiatan itu dengan...