Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMKN 4 Kota Bima Gembleng Siswa Pasca-LDDK

Kota Bima, Bimakini.com.-Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bima mengadakan kegiatan pemantapan Latihan Dasar Disiplin Korps (LDDK) mulai 22-23 Oktober 2012 di aula sekolah setempat. Kegiatan itu merupakan upaya peningkatan kedisiplinan Taruna-Taruni pascapelaksanaan LDDK.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA. Pesertanya adalah 36 siswa kelas 1 Jurusan NKPI dan 37 siswa  jurusan APSP. Instrukturnya dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sape atau Syahbandar Sape, Arman, SH.
Materi yang disampaikan mengenai disiplin yang harus dilakukan pada Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Siswa antusias mengikuti materi. Instruktur menjelaskan prosedur-prosedur yang harus dilakukan ketika bekerja pada kapal. Mulai dari tugas Nahkoda sampai Anak Buah Kapal (ABK).
Saat pembukaan, Kepala SMKN 4 Kota Bima, Drs. Faturrahman, mengatakan  tujuan kegiatan itu untuk menyiapkan siswa, terutama untuk bekerja dalam bidang keahlian tertentu yang siap pakai sesuai tuntutan dunia industri. Hal itu merupakan tantangan bagi sekolah agar bisa meningkatkan mutu lulusan.
Dikatakannya, untuk meningkatkan mutu lulusan dipengaruhi oleh faktor input dan proses Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM). “Oleh karena itu, saya mengharapkan siswa memanfaatkan momentum itu sebaik mungkin agar pembentukan karakter siswa kelautan menjadi semakin kuat dan kukuh,” katanya seperti dikutip Wakasek Bidang Humas, Muhammad Syauki, ST, Selasa sore.
Saat ini, katanya,  dampak era globalisasi yang ditandai semakin sulitnya mencari lowongan pekerjaan dan banyaknya karyawan yang diberhentikan atau pemutusan hubungan kerja, mengakibatkan persaingan yang semakin ketat bagi para calon karyawan, khususnya tamatan SMK. Melihat fenomena ini, maka SMKN 4 Kota Bima perlu melakukan terobosan baru.
“Kedisplinan dan kerja keras menjadi salahsatu kunci keberhasilan siswa menghadapi era sekarang ini,” katanya.
Dikatakannya, SMKN 4 merupakan sekolah Perikanan dan Penangkapan pertama di Kota Bima. Dalam perkembangannya, banyak tantangan yang mesti dihadapi untuk kemajuan sekolah, oleh karenanya perencanaan secara terukur ke depan seperti apa dan bagaimana mesti  direncanakan sekarang demi kemajuan sekolah.
Menurutnya, dalam perkembangan dunia perikanan dan penangkapan, semakin membutuhkan tenaga profesional dan memiliki keterampilan andal dalam menjawab kebutuhan.
Mengenai praktik kerja industri (Prakerin),  katanya,  untuk meningkatkan mutu lulusan, SMKN 4 telah berusaha menjaring calon siswa sejak penerimaan siswa baru hingga proses Kegiatan Belajar-Mengajar di sekolah ataupun melalui jalur Prakerin. “Ini semua dalam upaya menyiapkan lulusan yang memiliki skill andal berdaya saing dan bisa bekerja profesional pada bidangnya masing-masing,” katanya. (BE.12)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...