Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Wilayah Bentrok Berangsur Kondusif

Bima, Bimakini.com.-Saat ini kondisi Desa Samili, Kalampa, dan Dadibou Kecamatan Woha Kabupaten Bima yang terlibat bentrok beberapa waktu lalu, berangsur pulih. Warga mulai beraktivitas seperti biasa di areal persawahan yang sebelumnya menjadi medan bentrok. Hanya saja, aktivitas bertani mereka tetap dikawal oleh aparat Kepolisian.

       Menurut Kapolres Bima Kabupaten, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Dede Alamsyah, S.IK, sejak dua hari lalu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tiga desa tersebut terus pulih. Meski begitu, aparat Kepolisian tetap memberikan pelayanan keamanan maupun bantuan kepada masyarakat hingga kondisinya kondusif.
“Aktivitas masyarakat dan siswa yang sekolah sudah mulai jalan, ini semua adalah proses pemulihan Kamtibmas,” jelasnya di perbatasan Dadibou dan Kalampa saat memantau kondisi, Senin (22/10).
    Untuk memberikan rasa aman kepada warga, terangnya, personel Brimob telah diminta mengawal aktivitas warga, terutama yang bertani di areal persawahan wilayah perbatasan. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan keamanan dan menghilangkan kekuatiran masyarakat, karena diakuinya biar bagaimanapun ketegangan warga tetap ada dan tidak bisa hilang sekaligus.
“Warga Samili yang memiliki sawah di dekat Dadibou kita kawal, bahkan kita tunggui untuk memberikan rasa aman mereka,” jelasnya.
Kepada warga lainnya yang masih enggan untuk ke sawah, diimbaunya jika membutuhkan bantuan pengamanan, karena aparat Kepolisian siap untuk membantu.
Menyinggung upaya perdamaian dua belah pihak, Kapolres memastikan akan terus menyuluh dan mendukung tokoh masyarakat untuk melakukan perdamaian dengan harapan pemerintah daerah bisa memediasi dua belah pihak untuk menindaklanjutinya segera.
Pantauan Bimakini.com, jumlah personel yang disiagakan di wilayah perbatasan saat ini sudah mulai berkurang karena kondisi sudah mulai pulih. Sejumlah personel yang beraktivitas hanya membantu pengamanan warga yang bertani dan mengantar siswa SMAN 2 Woha dan SMPN 2 Woha. (BE.20)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Usai shalat Jum’at bersama di Masjid Ar Rahman Dusun Pali, Desa Sondosia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Kapolsek Bolo, AKP Hanafi mengajak masyarakat...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Aliansi Pemuda Madapangga (APM) kembali memblokade jalan lintas Cabang Bolo, Kamis (30/7). Mereka masih kecewa dengan sikap polisi yang dianggap melakukan kriminalisasi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kelompok warga Desa Tolotangga, Kecamatan Monta dan Paradowane Kecamatan Parado, terlibat bentrok, Rabu (26/6). Terjadi saling lempar batu di halaman Kantor Camat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Bentrok terjadi antara kelompok warga Dusun Tangga Baru dan Tanjung Baru, Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Ahad (25/2). Tiga rumah...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.– Bentrok Desa Risa dan Dadibou Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, akhirnya mulai ada korban. Mereka yang menjadi korban adalah Min  (30) warga Desa...