Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

DKPP Minta Masyarakat Jaga Kebersihan

Kota Bima, Bimakini.com.-Menjelang peralihan musim kemarau ke musim hujan, Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Bima, Ir. Hj. Siti Jaenab, mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga kebersihan.

 Kebersihan dan kesehatan tidak bisa dipisahkan. Jika lingkungan kotor saat musim hujan, sangat rentan terhadap munculnya berbagai macam wabah penyakit seperti demam berdarah dengue, kolera, malaria, dan diare.
     Dikatakannya, saat ini mulai hujan  dan  masyarakat diharapkan mengintensifkan gotong-royong, terutama membersihkan saluran pembuangan. Jika dalam saluran pembuangan, terjadi penumpukan sampah dan menyebabkan munculnya jentik nyamuk malaria yang bisa menjangkit masyarakat di sekitarnya.
      “Kesehatan sangat mahal harganya, jadi sepantasnya masyarakat tetap menerapkan pola hidup bersih sejak dini,” ingatnya.
     Diakuinya, masyarakat sudah menyadari arti kebersihan, namun pada musim hujan ini mesti  memaksimalkannya lagi, terutama genangan air yang menjadi sarang bagi nyamuk. Khusus pengguna pasar raya Bima, dia meminta agar tidak membuang sampah sembarangan, namun memasukannya ke dalam plastik untuk memudahkan pasukan kebersihan mengangkutnya. 
“Kita tidak ingin masyarakat kita menderita berbagai macam wabah penyakit saat musim hujan. Oleh karenanya perlu diingatkan tentang pentingnya pola hidup bersih,” ujarnya, Rabu (14/11), di DKPP Kota Bima. 
     Jika ada masyarakat yang membutuhkan layanan kebersihan, Jaenab mengatakan DKPP siap melayani, termasuk gotong-royong. DKPP sangat mengharapkan partisipasi masyarakat dalam melibatkan DKPP saat  bergotong- royong. Dia berharap agar masyarakat bisa menjaga kebersihan untuk mendapatkan jaminan kesehatan alamiah.
     Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan, H. Suaeb, S.Sos, mengatakan dua tahun ini terahir kesadaran masyarakat tentang kebersihan meningkat signifikan. Khusus musim hujan, pasukan kebersihan telah menyiapkan diri membantu masyarakat  bergotong-royong bersama membersihkan tumpukan sampah. “Ini Tupoksi kami. Kami akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk menciptakan lingkungan bersih,” ujarnya.
      Dia meminta kerjasama masyarakat,  karena masalah kebersihan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga masyarakat. Jika kerjasama yang dibangun selama ini terus dijaga, dia yakin ke depan Kota Bima bisa menjadi Kota Bersih. (BE.18)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh : Munir Husen (CALEG PKS DAPIL III) Salah satu program prioritas Pj Walikota Bima adalah masalah kebersihan, artinya program tersebut bersifat signifikan. Guna...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Drs. H. Mukhtar, MH., memimpin Apel “Gerakan Masyarakat Jum’at Pagi Bersih Lingkungan (Jumpa Berlian)” di Kelurahan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memastikan program kerja selama Tahun 2024 berjalan maksimal dan terukur, Penjabat (Pj) Wali Kota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT...

Pemilu Serentak 2024

Jakarta, Bimakini.-Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) perkara Nomor 14-PKE-DKPP/II/2023, di Ruang Sidang DKPP...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Sidang putusan Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilu (DKPP) memutuskan teradu Komisioner KPU  Kota Bima, tidak bersalah. Sebelumnya, KPU Kota Bima diadukan melanggar...