Peristiwa

Gali Kearifan Lokal untuk Cegah Konflik Komunal

Bima, Bimakini.com.-  Konflik sosial yang mengarah ke sifat destruktif dapat dicegah dan diminimalisir resikonya dengan menggali kearifan lokal atau budaya prilaku masyarakat setempat. Dengan kearifan lokal ini dapat menciptakan keserasian antarwarga. Dari hal ini juga diharapkan tumbuh intagrasi sosial serta tercegahnya konflik komunal. Demikian dikatakan Direktur Pusat Kajian Agama dan Budaya (PUKAB) NTB, Muhammad Tahir Irhas, kepada bimakini.com, Selasa (20/11).

Dikatakan Tahir, masyarakat sesunguhnya memiliki kekuatan alamiah yang bersumber dari berbagai nilai untuk memecahkan berbagai masalah sendiri dan kawasannya. Pemahaman dan keterampilan memecahkan masalah ini perlu kian dikembangkan.

“Kearifan yang teruju secara lokal inilah yang dikembangkan lagi dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat yang ada,” katanya Tahir.

Melihat konflik yang terus bermunculan di daerah, termasuk di Bima, Kata Tahir, lembaganya akan menggelar diskusi Mengurai Akar dan Resolusi Konflik, Rabu (21/11) di aula SMKN 3 Kota Bima. Diharapkan melalui diskusi ini kian tergali tentang bagaimana potensi lokal di masng-masng kawasan dioptimalkan dalam meminimalisir konflik dan dampaknya.

“Tidak bisa dinafikan dampak konflik sosial seperti yang  terjadi belakangan ini di Bima cukup besar. Baik korban jiwa dan harta. Dampak paling besar juga adalah trauma dan paling besar dirasakan oleh anak-anak dan perempuan,” ungkapnya.

Untuk itu pula, kata Tahir, pihaknya mengudang perwakilan dari daerah yang berkonflik dalam diskusi tersebut. Diharapkan dari mereka akan terungkap akar pemicu selama ini. “Kami juga mengundang pembicara Sekda Kabupaten Bima, Kapolres Bima Kabupaten, Akademisi dan dewan. Kita perlu menggali kembali kearifan lokal yang ada,” ujarnya. (BE.16)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top