Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Generasi Muda Mbojo mesti Berakhlak

Kota Bima, Bimakini.com.-Ini harapan Wali Kota Bima, HM. Qurais,  terhadap generasi muda Kota Bima, terutama kalangan pelajar. Dia mengimpikan mereka ke depan memiliki akhlak terpuji sebagai calon pemimpin masa depan yang menggantikan generasi saat ini.

Harapan itu disampaikannya saat zikir dan doa bersama awal tahun baru Hijriyah atau 1 Muharam 1434 Hijriyah, Rabu (21/11) di Paruga Nae Kota Bima.
     Dia menginginkan melalui lembaga-lembaga pendidikan bisa menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam rangka membangun generasi yang lebih baik. Jika moralitas generasi saat ini buruk, dikuatirkan ke depan dalam memimpin dan membangun Kota Bima dilakukan dengan cara yang buruk pula.
     Katana, akhlak yang baik sangat diperlukan dalam mencerdaskan anak bangsa, jika akhlaknya rusak akan berakibat pada kerusakan masa depan generasi. Menurutnya, ini adalah tugas mulia baik bagi lembaga pendidikan, pemerintah maupun lembaga agama lainnya dalam membentuk karakter generasi.
     Qurais mengajak seluruh lapisan masyarakat mencerdaskan generasi muda dengan akhlak terpuji. Kecerdasan saja yang dibutuhkan namun akhlak juga sangat berperan.
          Menanggapi pernyataan itu,  warga Kota Bima, Kasman, SPd.I, mengaku keinginan Wali Kota perlu dukungan dari pemerintah sendiri. Dia menginginkan Pemkot Bima bisa merefleksi kembali sejauh mana pencapaian program Magrib Mengaji.
“Apakah program itu sudah maksimal dijalankan, apakah ada pejabat Pemkot Bima yang mengajak masyarakatnya mengaji dan memakmurkan masjid, untuk memulai pada orang lain harus dari diri sendiri dulu,” ujarnya.
       Kasman menginginkan Pemkot Bima bisa melakukan studi banding tentang program itu pada satu daerah di Kepulauan Riau. Berdasarkan informasi, antara Magrib dan Isya ada peraturan daerah yang ‘mengharamkan’ masyarakatnya menyalakan televisi. Program itu saat ini dinilai sukses hingga 99 persen.
“Kenapa kita tidak coba terapkan program dengan dasar hukum yang tegas, namun itu perlu kita lakukan studi banding dulu,” katanya. (BE.18)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

            HARI itu, Jumat 4 September 2015. Saya meluncur ke Kantor Dikpora Kabupaten Bima untuk bergabung dengan kawan-kawan lain yang akan mengisi Kelas Inspirasi...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Bima, menilai ada kevakuman kaderisasi politik. Figur yang tampil dalam Pilkada mengesankan tidak memberi ruang pada kader...

Peristiwa

KENAPA KNPI memilih bernyanyi, tidak diskusi untuk membangun komunikasi dengan kelompok muda di kampus? Ketua DPD KNPI Kota Bima, Dzul Amirulhaq, mengatakan diskusi, seminar,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.com.-Puluhan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sunan Giri Bima mengikuti Wisata Jurnalistik di Museum Asi Mbojo Bima, Rabu (6/11).  Selain mengenal...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.-Ada ‘Teori Lampu’ dalam kaitan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang disampaikan Dr. Kadri, saat pelatihan peningkatan kapasitas jurnalis dalam...