Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Jelang Apeksi, Anggota Linmas Bersihkan Lingkungan

Kota Bima, Bimakini.com.-

Jiwaku bersih, kotaku bersih. Begitu salahsatu visi anggota Linmas Inti Kota Bima saat membersihkan tumpukan sampah yang membukit di sungai jembatan Padolo I dan sekitarnya, Kamis (8/11). Lokasi itu di Kelurahan Paruga Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima.

Lokasi setempat memang dikenal dengan banyak debit sampah bawaan. Sudah beberapa kali sungai jembatan Padolo I dibersihkan anggota Linmas Inti Kota Bima, termasuk sejumlah lokasi rawan sampah lainnya. “Kami coba mengambil peran kecil, membersihkan lingkungan untuk mendukung terwujudnya kota yang bersih,” ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (BakesbangPolLinmas) Kota Bima, Drs. M. Nur A. Madjid, MH, saat membersihkan sampah bersama sejumlah anggota Linmas di lokasi setempat, kemarin.

Peran peduli terhadap kebersihan lingkungan, katanya, adalah bagian dari visi Bakesbangpollinmas dalam mewujudkan Kota Bima ‘Berteman’ (bersih, tertib, dan aman). Selain dari visi dan misi sesungguhnya, yakni melindungi masyarakat, turut mengawal dan mewujudkan kondusivitas daerah.

Dikatakannya, peran pembersihan lingkungan, sudah menjadi program yang rutin dilaksanakan anggota Linmas. Kendati bukan Tupoksi sesungguhnya, namun masalah kebersihan menjadi komitmen bersama yang harus diwujudkan. “Berangkat dari tanggungjawab dan rasa memilki daerah, menginspirasi kami mencoba mengambil peran kecil itu tanpa tendensi apa-apa,” terang Nur.

Apalagi, katanya, setiap tahun Pemerintah Pusat memrogramkan meraih Adipura. Jadi, wajib bagi semua pihak mengambil peran masing-masing membersihkan lingkungan, termasuk masyarakat. “Semoga peran kecil kami ini, menginspirasi masyarakat lain untuk sama-sama mewujudkan kota yang lebih bersih lagi,” harapnya.

Beberapa hari ke depan, Nur mengaku, akan mengerahkan sejumlah tenaga untuk membersihkan sejumlah wilayah yang rawan dari tumpukan sampah. Apalagi, tidak lama lagi Pertemuan APEKSI yang dihadiri 12 Wali Kota plus masing-masing rombongan akan berlangsung di Kota Bima.

Sebagai  tuan rumah, katanya, sudah semestinya menunjukkan yang terbaik pada tamu luar daerah. Satu di antaranya menjaga kebersihan kota sehingga terlihat elok dan nyaman.

Pantauan Bimeks, puluhan anggota Linmas Inti Kota Bima membersihkan sampah di sungai jembatan Padolo I. Beberapa anggota Linmas, secara bergantian turun ke sungai menggunakan tali.

Sampah yang menumpuk terlihat tidak mudah diangkat, karena kebanyakan ranting pohon dan bambu, alot menyimpul satu sama lain dengan berbagai jenis sampah rumah- tangga. Belum lagi aroma dan warna air sungai yang telah terkontaminasi dengan limbah, membasahi tubuh mereka.

Namun, karena semangat kebersamaan, tumpukan sampah perlahan dapat diangkat dan dikumpulkan di atas jembatan. Mereka mulai membersihkan sampah di lokasi setempat, sekitar pukul 07.30 WITA.

Sebelumnya, anggota Linmas Kota Bima juga mengecet sisi terotoar dan pagar pada sejumlah tempat. (BE.19)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kasat Binmas Polres Kabupaten Bima, AKP Fandi pimpin apel Kaposkamling di halaman Mapolsek Bolo, Senin (30/9). Pada kesempatan itu, Kasat Binmas menyerahkan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Bagian Adminsitrasi Pemerintahan (AP) Setda Kota Bima, melakukan persiapan mengikuti kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) pada 17-19 April di...

Peristiwa

  Kota Bima, Bimakini.-  Seminggu sudah berlalu sejak banir bandang pertama menerjang dan meluluhlantakkan Kota Bima, telah menyikan banyak kepedihan dan derita bagi mayarakat....

Hukum & Kriminal

Bima, bimakini.com.- Dua anggota  Polres Bima Kabupaten diperiksa Propam, karena lalai menjaga tahanan Syukri (29).  Mereka  akan diberikan sanksi disiplin anggota, karena ceroboh saat...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.- Anggota Kompi Sub-Den 1 Detasemen A Brimob Bima, Brigadir E, kembali diduga ditembak orang tidak dikenal. Sebelumnya kasus yang sama terjadi...