Politik

KPU Verifikasi 16 Parpol Calon Peserta Pemilu

Ilustrasi KPU Verifikasi PARPOL

Kota Bima, Bimakini.com.-Sebanyak 16 partai politik (Parpol) calon peserta pemilihan umum (Pemilu) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTB dan DPRD Kota Bima sedang diverifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima. Verifikasi  itu untuk mencocokkan data Parpol yang diserahkan sebelumnya ke KPU.

Ketua KPU Kota Bima melalui Kepala Divisi Sosialisasi, Sri Nuryati, SE, menjelaskan pelaksanaan verifikasi faktual Parpol mengacu pada pasal 16 UU 8/2012 tentang Pemilu Legislatif dan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2012 serta sebagaimana diubah dalam Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2012 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2012, yakni mengenai pendaftaran verifikasi dan penetapan parpol peserta pemilu legislatif tahun 2012.
KPU Kota Bima, jelasnya, akan memverifikasi faktual terhadap 16 Parpol, antara lain soal kepungurusan, domisili kantor tetap Parpol sesuai yang tertera dalam laporan, dan pemenuhan keterwakilan perempuan pada kepengurusan Parpol tingkat kota sekurang-kurangnya 30 persen.
“Kita juga akan mencocokkan domisili dan status kantor Sekretariat dan Kartu Tanda Anggota (KTA) seperseribu dari jumlah penduduk,” jelasnya di KPU Kota Bima, Selasa (6/11).
Verifikasi faktual kepengurusan, domisili dan keterwakilan perempuan akan mulai dilakukan pada tanggal 5-7 November 2012, dan untuk KTA akan dilakukan tanggal 8 hingga 24 November 2012. “Apabila verifikasi tahap satu ada yang tidak cocok akan diberikan waktu selama 7 hari untuk perbaikan,” ujarnya.
Hasil verifikasi nanti, lanjutnya, akan dilaporkan ke Bawaslu, KPU Provinsi NTB, dan KPU Pusat. Kewenangan menyatakan parpol memenuhi syarat atau tidak merupakan domain KPU Pusat karena KPUD hanya memverifikasi saja.
Untuk keperluan verifikasi tersebut, katanya, KPU telah membentuk lima tim. Lima orang bergabung dalam satu tim dan satu tim dikoordinir anggota KPUD. Rencananya dua tim pemantau dari Bawaslu NTB juga akan ikut bersama tim selama verifikasi. (BE.20)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top