Politik

Panwaslu Kota dan Kabupaten Bima Dilantik

Mataram, Bmakini.com.-Sebanyak 30 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Bawaslu NTB, Khuwailid, S.Ag, MH di Ruang Mataram, Hotel Jayakarta di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat, kemarin.
Untuk Kota Bima, yang dilantik adalah Ir. Khairudin, M. Ali, M.AP, Drs. Arif Sukirman, MH, dan Asmah, S.Sos. Kabupaten Bima terdapat nama Junaidin, S.Pd, Sukarman, SH, dan Muhammad Waru, MH.   
Wakil Gubernur  NTB, Ir. H. Badrul Munir, MM, Ketua Bawaslu RI Prof Muhammad, para Bupati dan Muspida se pulau Lombok hadir saat pelantikan  itu.
Wagub mengingatkan agar para pengawas konsisten menjalankan tugas dan fungsinya.  Tugas kepengawasan jauh lebih besar godaannya dibandingkan fungsi lain dalam organisasi Pemilu. Salahsatu godaannya adalah hubungannya dengan perasaan. “'Kalau tugas perencanaan, pelaksanaan, dan tugas pengorganisasian, mudah saja dilaksanakan, karena normanya jelas. Walaupun ada norma yang jelas, tapi fungsi pengawasan sering berbenturan dengan perasaan dan toleransi,” katanya.
Namun, dia yakin dan tetap berharap agar para anggota Panwaslu bisa mengatasi hal tersebut agar Pemilu berlangsung sesuai aturan. “Kualitas Pemilu akan sangat ditentukan oleh kualitas pengawasan,” tegasnya.
          Ketua Bawaslu NTB mengatakan pada Pemilu kali ini, perubahan penting yang terjadi, terutama pada jabatan pengawas di tingkat Provinsi NTB.
Saat ini, pengawas Pemilu di tingkat Provinsi tidak lagi ad hoc atau bersifat sementara, tetapi sudah permanen dengan masa jabatan lima tahun dengan nama Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu. “Ini mengikuti saudara tua-nya, KPUD,” ujarnya.
Dua anggota Bawaslu NTB ikut hadir yaitu Ir. Syamsudin dan Bambang Karyono.
Pada kesempatan briefing khusus sebelum kembali ke Jakarta, dia  mengingatkan bahwa anggota Panwaslu  agar melaksanakan tugas mulai dari Pemilukada Kabupaten/Kota dan Provinsi sampai Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2014 mendtang. Jadi masa tugas Panwaslu saat ini bisa sampai 3 tahun lebih.
Dia juga mengapresiasi Bawaslu NTB telah memilih yang terbaik dari calon saat  proses fit and proper test. “Saya yakin inilah yang terbaik dan selamat bertugas,” katanya. (BE.19)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top