Peristiwa

Peringati Hari Menanam Nasional, Dishutbun Tanam Sejuta Pohon

Kepala Dishutbun Kota Bima, Ir. H. Zulkifli, M.AP

Kota Bima, Bimakini.com.-Hari Menanam Nasional akan diperingati 28 November mendatang. Memaknai momentum “menghijaukan bumi” tersebut, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kota Bima mengagendakan penanaman sejuta bibit pohon pada sejumlah lokasi.

    Agenda membuat kondisi daerah sejuk dari efek pemanasan global (global warming) tersebut, kata Kepala Dishutbun Kota Bima, Ir. Zulkifli, M.AP, direncanakan pada awal Desember 2012. Tidak saja dilakukan oleh jajaran Dishutbun, tetapi melibatkan sejumlah komponen pemerintah dan masyarakat Kota Bima.     Di antaranya melibatkan sejumlah instansi pemerintah, termasuk instansi vertikal, TNI dan Polri, organisasi kemasyarakatan dan pemuda, seperti Karang Taruna dan KNPI.
     Selain itu, pemerhati lingkungan lainnya dan Perguruan Tinggi, termasuk organisasi kampus. “Semuanya akan mengambil bagian menanam sejuta bibit pohon,” ujar Zulkifli di Dishutbun Kota Bima, Rabu (21/11).
    Dikatakannya, penanaman perdana (launching) program  sejuta bibit pohon dalam rangka memeringati Hari Menanam Nasional itu akan dilakukan di Paruga Nae. Kegiatan tersebut, sekaligus  launching menuju Kota Bima hijau (Green City) tahun 2020. “InsyaAllah akan dicanangkan oleh Wali Kota Bima,” katanya.
    Menurut Zulkifli, Kota Bima hijau akan lebih difokuskan pada penghijauan hutan Gunung Dua dan kawasan hutan Danatraha. Di lokasi setempat, akan ditanam  bibit pohon nimba, beringin, dan trembesi. “Jenis pohon ini merupakan tanaman yang selalu hijau sepanjang musim,” terangnya.
    Selain itu, lanjut Zulkifli, akan ditanam di kawasan jalur hijau yaitu pohon peneduh di jalan raya, tepi sungai di dalam kota, tepi pantai, taman kota, kebun dan halaman rumah warga. Kemudian, akan ditanam pada hutan tegalan maupun hutan lindung.
    Dia mengharapkan, instansi dan sejumlah komponen masyarakat yang terlibat menanam nanti, tidak sekadar menanam saja. Tetapi, yang lebih penting merawat dan menjaganya. “Agar bibit pohon dapat tumbuh dan terjaga dari gangguan, terutama gangguan hewan,” katanya. (BE.19)

 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top