Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Setahun Operasional BIL (3) : Rute Baru Penerbangan dari dan Tujuan BIL terus Bertambah

Laksana gadis manis, Bandara Internasional Lombok (BIL) dilirik sejumlah maskapai penerbangan.  Selain Silk Air untuk penerbangan internasional yang dibuka sejak lama, beberapa maskapai sudah mulai menjajaki rute penerbangannya dengan BIL. Sebut saja Pesawat jenis Air Bus 330 milik AirAsia sudah mulai beroperasi sejak Jumat, pekan lalu. Rusia Air pun sudah menjajaki penerbangan langsung ke BIL. Semua ini tentu akan membuka peluang pasar bagi NTB.

DALAM penerbangan perdana AirAsia dari Kuala Lumpur-BIL yang ditempuh selama tiga jam 10 menit, Aireen Omar, CEO AirAsia Malaysia dan Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Dharmadi, diikuti juga oleh sejumlah pejabat Provinsi NTB.  Penerbangan langsung Kuala Lumpur-Lombok ini sebagai salahsatu rute baru AirAsia. Rute penerbangan AirAsia ini terjadwal tiga kali seminggu yakni setiap Rabu, Jumat, dan Minggu.
    Penerbangan perdana tersebut disambut Wakil Gubernur NTB, Ir. H. BadrulMunir, MM di BIL dilanjutkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan CEO AirAsia Aireen Omar. MoU tersebut menandai kerjasama promosi Lombok dan Sumbawa yang didanai APBD NT  berupa Marketing Found. Pada kesempatan itu, Badrul berharap penerbangan ini terus berkelanjutan dan dapat diikuti maskapai lainnya.
       Diprediksi, pembukaan penerbangan langsung BIL-Kuala Lumpur ini akan membuka peluang transaksi pasar NTB, sehingga peluang ini bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dan pelaku ekonomi secara maksimal.
      Pendapat itu disampaikan, pemerhati masalah ekonomi yang juga Akademisi Universitas Mataram (Unram), Dr. Iwan Harsono, SE, M.Ec. Ia menilai, dengan rute baru penerbangan langsung ke basis TKI NTB ini,  akan berdampak pada peningkatan perekonomian bukan saja dari aspek pariwisatanya. Tetapi, menjadi sisi yang menguntungkan bagi para TKI, karena bukan saja akan mengefisienkan biaya bolak- balik, tetapi disisi lain bisa dijadikan peluang untuk usaha.
Artinya para TKI selain pengusaha bisa memanfaatkan untuk membawa barang yang bisa dipasarkan di Malaysia. Apalagi, sebanyak 80 ribuan TKI saat ini bekerja di negara tetangga tersebut.
Menurut Iwan Harsono, secara luas, akan berefek pada peningkatan jumlah kunjungan ke NTB. Di mana saat ini, perharinya sudah terdata sebanyak 3 ribuan kunjungan, sehingga diprediski akan terjadi peningkatan kunjungan yang lebih besar. Apalagi, Malaysia memiliki kultur adat dan budaya yang hampir sama dengan NTB (Lombok). Belum lagi dengan dibukanya nanti Islamic Center mendatang.
     ‘’Air Asia membuka peluang usaha sangat besar dari segala sisi, khususnya bagi NTB dan Malaysia, tentu ada kargo juga yang disiapkan untuk pengangkutan barang, itu bisa dimanfaatkan. Dengan banyaknya kunjungan akan menimbulkan kembali banyak efek positif bagi daerah kita,’’ ujarnya.
    Dari sektor perdagangan diprediksi akan menggeliat. Demikian pula dari sektor perhotelan dan restoran. Sehingga ketiga sektor yang selama ini tercatat tumbuh sebesar 12,05 persen akan lebih tinggi peningkatan pertumbuhannya di masa mendatang.
     Oleh karenanya, pemerintah daerah diharapkan, tidak berhenti sampai di sini guna mendorong banyaknya rute baru secara langsung ke luar negeri. Jika penerbangan langsung Australia sudah digagas, ke Hongkong pun harus menjadi prioritas.
    Pasalnya, negara tersebut merupakan tempat bertemunya semua jenis bisnis dengan berbagai negara lainnya. Dengan begitu akan memercepat melejitnya pertumbuhan ekonomi NTB. Tentu dengan catatan yang paling utama menurutnya, harus ada jaminan keamanan di daerah ini.
     Bak gayung bersambut, harapan agar penerbangan langsung ke luar negeri dibuka sebanyak-banyaknya direspon Pemerintah. Menurut Kadishubkominfo NTB, Ridwan Syah, rute penerbangan baru dari dan tujuan BIL dari waktu ke waktu terus bertambah. Tidak saja penerbangan yang melayani rute dalam negeri, tetapi juga penerbangan internasional. Untuk penerbangan internasional selain Silk Air dengan tujuan Singapura yang memang sudah dibuka sejak lama, Rusia Air juga sudah mulai membuka penerbangannya dari Rusia langsung BIL. “Kami bersama Angkasa Pura sedang dan terus menjajaki dengan semua maskapai.” Ujarnya Ridwan
    Senada dengan Ridwan, Humas Angkasa Pura 1 BIL juga mengatakan sudah beberapa kali Rusia Air mengangkut paling sedikit 250 wisatawan. Maskapai ini umumnya mengangkut penumpang yang datang ke daerah ini untuk berwisata. ‘’Kita rencanakan paling lambat Desember 2012 ini, Rusia Air untuk tahap awal sudah bisa rutin setiap bulan terbang langsung ke BIL mengangkut wisatawan,’’ jelasnya.
      Selain Rusia Air, saat ini sedang dijajaki penerbangan langsung Korea-BIL. ‘’Kita sedang jajaki untuk ada penerbangan langsung dari Korea. Manajer kami saat ini sedang berada di Korea untuk memantapkan rencana Korea Air akan membuka rute langsung tujuan BIL,’’ jelasnya. 
Selain itu, Garuda juga akan membuka rute BIL-Malaysia via Jakarta. ‘’Direncanakan rute ini akan dibuka dalam dua minggu ke depan,’’ ujar Desmy
      Selain rute BIL-luar negeri, sejak operasional 1 Oktober setahun yang lalu, rute-rute baru penerbangan regional juga terus bertambah. Misalnya Citilink tujuan BIL-Surabaya. Sky Aviation BIL-Denpasar, kemudian Garuda  membuka penerbangan langsung BIL-Makassar.  Dalam tahap persiapan, rute baru adalah Yogjakarta-Lombok. Pekanbaru-Lombok dan Kupang-Lombok. Rute internasional yang sedang dijajaki adalah Hongkong-Lombok dan Perth-Lombok. (tim/*)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan didampingi Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardjojo melakukan kunjungan kerja di Provinsi NTB, Kamis, (1/3/2018). Menkomaritim dan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kegiatan pencetakan sawah baru di So Mboda Rato Desa Rato Kecamatan Bolo, diklaim dari dana aspirasi anggota DPRD Kabupaten Bima, Ahmad Dahlan,...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Kontroversi pembagian los pasar Tente semakin meruncing saja. Pembahasan yang berkali-kali dilakukan, belum menemukan titik temu penyelesaian. Aksi demo saling menyuarakan aspirasi...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...