Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Siswa Ponpes Al-Husainy Zikir dan Doa 1 Muharram

Kota Bima, Bimakini.com.-Ratusan siswa Madrasah Tsnawiyah (MTs dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Husainy Kota Bima, Rabu (14/11) malam, menggelar kegiatan zikir dan doa pergantian tahun 1 Muharram 1134 Hijriyah. Kegiatan itu merupakan agenda tahunan bagi lembaga pendidikan itu sebagai bentuk introspeksi diri.

      Guru MTs Al-Husainy, Taufan, SPd.I, mengatakan, kegiatan itu sebagai bentuk rasa syukur  terhadap nikmat yang diberikan Allah kepada manusia. Jika diukur dengan materi, nikmat yang diberikan Allah tidak bisa dibayarkan. Tidak hanya itu, doa dan zikir bersama itu merupakan bentuk introspeksi manusia yang selama ini dilakukan.
      Taufan mengaku kegiatan merupakan wajib diikuti siswa, karena masuk dalam kegiatan ekstrakulikuler. Selain doa akhir dan awal tahun, seluruh siswa juga mendoakan Kota Bima agar tetap dicurahkan rahmat dan senantiasa diberikan kedamaian dan kesejahteraan. 
“Ini sudah menjadi agenda tahun kami, siswa harus mengikutinya agar bisa merenungkan sudah sebanyak apa dosa dan pahala yang dilakukan selama hidup ini, sebab tidak ada yang tahu bahwa kematian segera menjemput manusia,” ujarnya.
     Kegiatan itu rupanya juga diikuti oleh masyarakat lainnya yang mengetahui malam pergantian tahun. Usai zikir dan doa, dilanjutkan dengan haflah Al-Quran yang dilakukan oleh puluhan siswa.
          Kegiatan itu dilanjutkan Kamis (15/11) pagi setelah shalat Subuh, yakni ceramah agama tentang makna awal dan akhir tahun yang disampaikan oleh Ilham, MPd.I. 
Saat itu, Ilham mengingatkan bahwa pergantian tahun menandakan usia hidup manusia berkurang, jadi makin bertambahnya usia tahunan kalender, maka makin dekat pula ajal menjemput umat manusia.
       Berkaitan dengan itu, katanya, momentum 1 Muharram umat Islam Kota Bima agar selalu mendekatkan diri Allah. Dia berharap tahun baru ini, Kota Bima dijauhkan dari bala dan bencana serta selalu dilindungi. (BE.18)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Dompu, Sabtu (27/2), menggelar pertemuan di Ponpes Darurraihan So nao Desa Punti...

Berita

Kota Bima, Bimakini.-  Video viral anak SMA yang protes Polantas dengan bahasa Bima, kini makin populer saja. Di fanpage Otosia.com, hingga Kamis pagi, 3...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kecamatan Woha menggelar debat calon Ketua Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) tahun 2016-2017 di aula sekolah setempat,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pelajar kelas II SMPN 1 Belo Kabupaten Bima, Elfi Sukaesi, mendapatkan beasiswa prestasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  RI, Selasa (20/09).  Remaja ...

Berita

Bima, Bimakini.com.- Diduga mengkonsumsi  pil Tramadol, dua orang siswa seuah SMA swasta di  Bolo dan satu siswa SMA negeri di Bolo ditangkap oleh anggota...