Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Siswa SMPN 1 Wawo Masuk 10 Besar Olimpiade MIPA

Bima, Bimakini.com.- Empat siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Wawo Kabupaten Bima, meraih peringkat sepuluh besar pada lomba Olimpiade MIPA yang digelar Kelompok Madrasah Kota Bima (KMKB) Kementerian Agama (Kemnag) Kota Bima se-Pulau Sumbawa. Kompetisi itu dihelat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan MAN 2 Kota Bima, Minggu (25/11) lalu.

    Koordinator pembina bidang studi SMPN 1 Wawo, Qurais, S.Pd. Mat, mengatakan, dalam bidang matematika, dua siswa sekolah setempat masuk sepuluh besar. Mereka adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Wawo, Nur Muliani meraih juara I pada pelajaran matematika. Putri kedua  Ramli, S.Pd, M.Si dan Rosdina dari tiga bersaudara ini menempati peringkat pertama  dari 143 peserta.
    Urutan kedua, katanya, diraih Bayu Sembada Kelana dari (SMPN 1 Bolo), disusul Ahmad Syauqi (MTsN 1 Kota Bima), Putri Nur Ahdiah (SMPN 1 Wawo), Nur Muthi'ah (MTsN 1 Kota Bima), Ummu Hanif Khaeriyah (SMPN 1 Bolo),  Ita Dahlia Azizah Kurniati (MTs SA Sejari Plampang), Anti Nur Fajriani (SMPN 1 Kota Bima), M Aqil Faraqan (SMPN 1 Bolo), dan Inem Ciwi Makawara (MTsN Wawo).
    Tidak hanya itu, katanya,  di bidang biologi juga menempatkan dua siswa masuk 10 besar. Siswa kelas VIII SMPN 1 Wawo, Bunga Ramdiani menempati peringkat dua di bawah Syifa Naurah  (siswa SMPN 4 Kota Bima) yang menempati peringkat pertama.
Peringkat tiga ditempati Wildan Ainun Shalihah (SMPN 1 Bolo), Fakhriyah Tri Astuti (MTsN 1 Kota Bima), Uswatun Nuraini (SMPN 4 Kota Bima), Meidinah Khaerunnisyah (MTsN 1 Sape), Eka Rahmania Turruzqa (MTsN 1 Kota Bima), Wilham Reyssan (SMPN 1 Kota Bima), Muslimahtun Ba'adiah Ahmad (SMPN 1 Wawo), dan Sri Hardinasti (SMPN 1 Bolo).
    “Untuk bidang fisika, IPS, dan Agama kita gagal masuk 10 besar. Meski demikian, siswa kita banyak yang urutan 20-an hingga 30-an dari 100 lebih peserta,” ujarnya di sekolah setempat, Rabu (28/11).
Dia salut terhadap kerja keras guru pembina Matematika,  Sri Nurjintan, S.Pd dan Samarkandi, S.Pd, sedangkan pembina biologi, Eddy Ilhamsyah, S.Pd. Bahkan, dari 45 siswa sebagai duta SMPN 1 Wawo ternyata mampu meraih prestasi yang membanggakan sekolah dan Kabupaten Bima.
   Kepala SMPN 1 Wawo, Mulyadin HAR, S.Pd, M.Pd  merespek keberhasilan tersebut. Pihak sekolah melalui dana komite memberikan hadiah kepada peserta yang berhasil.
    Keberhasilan itu, katanya, selain kesungguhan anak-anak, juga peran penting dari guru pembina dalam membimbing mereka. Dalam dua bulan terakhir secara intensif pembinaan dilakukan dua kali seminggu. Bahkan, dua minggu sebelum hari H pembinaan dilakukan setiap hari.
Program unggulan SMPN 1 Wawo, katanya, berorientasi kepada mutu, sehingga guru pembina diberikan ruang yang luas untuk menggali potensi anak-anak yang siap tampil. Apalagi, tugas guru berorientasi masa depan yakni menyiapkan anak didik yang berkualitas untuk kepemimpinan ke depan karena daerah dan bangsa membutuhkan anak-anak yang jenius dan tekun belajar.
    “Ke depan kita akan optimalkan penggunaan dana BOS untuk kemaslahatan dan peningkatan mutu siswa,” katanya di sekolah setempat, Rabu. (BE.13)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Berita

Jakarta, Bimakini.- NTB, khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu contoh atau rolemodel yang visionable atau berkelanjutan. Hal itu...

CATATAN KHAS KMA

  NAMANYA Tengku Jubair. Rasanya agak asing juga, ada orang Bima yang yang namanya seperti itu. Anda tahu, nama itu biasanya dipakai oleh bangsawan...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Ketua KONI Kota Bima, Feri Sofiyan, SH merasa bangga dan memberikan apresiasi pada tiga atlet Voli Pasir Kota Bima ikut Kualifikasi...

CATATAN KHAS KMA

SEPERTI biasa, Ahad saya kerap mengikuti jalan pagi bersama Sahabat HMQ di bukit Jatiwangi. Keliling bukit dengan udara segar, pastilah sehat bagi kesehatan. Begitu...

Pendidikan

Bima, Bimakini.-  Siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Wawo, Warlia Mursida Muhtar, lolos babak semi final lomba Olimpiade Matematika Vektor Nasional...