Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMPN 1 Bolo Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Akademik

Bima, Bimakini.com.-Jajaran Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Bolo berkomitmen meningkatkan kualitas akademik, seperti penjaringan siswa untuk kegiatan olimpiade. Bidang akademik telah banyak menorehkan prestasi baik di tingkat Kabupaten Bima, Provinsi NTB dan Nasional.

    Bahkan, belum lama ini Yuan Putri berhasil menjuarai lomba olimpiade fisika mewakili Provinsi NTB, tetapi belum mampu meraih yang terbaik di tingkat nasional. Khusus nonakademik mewakili Provinsi NTB dalam Liga Pendidikan Indonesia (LPI) dan sempat lolos delapan besar sebagai juara gruf F yang ditempati Bali, Jayapura, Ambon, dan Ternate.
    Kepala SMPN 1 Bolo, Drs. Abdul Salam Gani, M.Pd, mengatakan, prestasi yang diukir tersebut berkat kebersamaan seluruh komponen di SMPN 1 Bolo, terutama komitmen bersama untuk meningkan kualitas siswa dan mengukir prestasi akademik maupun nonakademik, seperti lomba O2SN.
    “Program akademik dan nonakademik itu menjadi program unggulan bagi SMPN 1 Bolo untuk mengukir berbagai prestasi yang mengharumkan nama sekolah Kabupaten Bima dan NTB,” ujarnya saat gladi bersih persiapan Upacara Hari Guru Nasional dan HUT ke-67 PGRI di lapangan Wawo, Minggu (25/11).
    Selain itu, kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) ini, sebagai pembentukan karakter bagi siswa telah lebih awal menyambut Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 tentang Pendidikan Karakter, pihak sekolah telah menyepakati bahwa masuk sekolah sekitar pukul 07.00 hingga pukul 07.30 WITA membuka dengan membaca Al-Quran dan masing-masing siswa diharuskan membawa Al-Quran. Demikian juga dengan setiap hari Jumat.
    “Meski semua sekolah melaksanakan program itu, tetapi kita lebih awal melaksanakan Perda Nomor 13 itu,” katanya.
    Pada tahun 2012 ini, jelasnya, SMPN 1 Bolo telah mengukir berbagai prestasi akademi, seperti juara olimpiade Fisika, masih memegang piala Bupati Bima dalam lomba cerdas cermat tingkat Kabupaten Bima, demikian juga dengan lomba yang digelar perguruan tinggi seperti STKIP Taman Siswa maupun STKIP Bima, debat bahasa Inggris, dan lainnya selalu masuk finalis pertama.
    “Kita masih memiliki obsesi agar siswa di sekolahnya bisa meraih prestasi tingkat nasional. Suatu saat kita akan meraih prestasi itu,” katanya.
    Dia berharap tahun depan SMPN 1 Bolo akan terus berikhtiar meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus menggenjot prestasi akademik maupun nonakademik. (BE.13)
 

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pascabanjir pada sejumlah titik di Kota Bima, kehebohan lain muncul. Ular piton berukuran besar muncul di lapangan Pahlawan Raba, Selasa (28/3)...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Bocah berusia tujuh bulan, Afdal, warga RT 05 Desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, tewas. Diduga saat bermain bocah itu kesetrum aliran...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Camat Bolo, Mardianah, SH, mengajak warga  membudayakan gotong-royong. Itu merupakan  satu di antara visi-misinya memimpin  Bolo. Saat kegiatan gotong-royong di Desa Rato,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Perlombaan bidang olahraga, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Islam antarguru dan antarpelajar tingkat Sekolah Dasar/ sederajat dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-    Penetapan jadwal Musabakah Tilawatil Qur’an tingkat Desa se-Kecamatan Bolo sudah rampung. Hal itu berdasarkan hasil rapat jajaran Pemerintah Kecamatan Bolo Rabu (2/11/2016)....