Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Upacara HUT Guru dan PGRI, Meriah

Bima, Bmakini.com.-Ribuan guru di Kota dan Kabupaten Bima mengikuti upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-67 PGRI,  Senin (26/11). Di  Kabupaten Bima dihelat di lapangan Wawo, sedangkan  Kota Bima dihelat di lapangan Merdeka.

Upacara dipimpin Wakil Bupati Bima, Drs. H. Syafruddin, M.Pd, sekaligus membacakan amanat Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas). Tema peringatan tahun ini adalah ‘Memacu profesionalisasi guru melalui peningkatan kompetensi dan penegakkan kode etik’.
Mendiknas dalam amanatnya mengatakan keberadaan dan peran guru sangat menentukan keberhasilan mutu, system, dan hasil pendidikan, karena hakikat pendidikan itu adalah berlangsung seumur hidup, bersifat semesta dan menyeluruh.
    Oleh karena itu, katanya, Hari Guru Nasional merupakan hari penghargaan terhadap guru di Indonesia, diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan semakin sejahtera.
    Dikatakannya, guru memiliki peran penting dalam memajukan pendidikan. Pendidikan yang mampu membangun karakter jujur, teguh, dan peduli. Tema HGN kali ini adalah “Memacu Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan Guru Yang Profesionalitas, Bermartabat, dan Sejahtera.” Dari tema tersebut terdapat tiga hal yang bisa diambil pesannya.
    Yakni dijadikan ajang refleksi para guru. “Meskipun terkadang para guru kurang menerima haknya, namun kurangnya itu bisa dijadikan investasi ke depan kepada masyarakat,” tandasnya.
    Selanjutnya HGN diharapkan menjadi upaya introspeksi dan upaya menatap masa depan lebih baik dalam menggapai cita-cita luhur. Berdasarkan ketiga hal tersebut, ada tiga tugas penting yang harus diemban oleh seorang guru, yaitu mengajarkan ilmu, membentuk karakter yang mulia, serta menanamkan optimisme dan cita-cita positif.
Usai upacara Wakil Bupati Bima menyerahkan penghargaan kepada Guru, Kepala Sekolah, Pengawas berprestasi. Peserta upacara juga menikmati sajian tarian kolosal anak anak SD di Kecamatan Wawo. Demikian juga di Kota Bima, berbagai penghargaan juga diberikan. (BE.13)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Wawo, Ismail, SPd, terpilih sebagai Ketua PGRI Kecamatan Wawo Periode 2021-2025. Ismail terpilih  secara aklamasi dalam Konfercab...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) sekaligus dirangkaikan dengan pemilihan pengurus baru untuk masa bhakti...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Persatuan Guru Republik Indoneisa (PGRI) Kota Bima, menggelar Konferensi Kerja III Periode Tahun 2017-2018, di Aula STKIP Taman Siswa Bima, Sabtu (18/2/2017)....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Dulu profesi guru sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dipandang sebelah mata. Kenapa? Kata Ketua PGRI Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr HM...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Serikat Guru Indonesia (SGI) Bima menjalin kerja sama dengan penerbit SMI Yogyakarta untuk menerbitkan buku tulisan best practice guru. Pada 7 Februari...