Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Berkas Diterima Jaksa, Status Yaman Tahanan Kota

Bima, Bimakini.com.- Penanganan berkas tersangka kasus dugaan korupsi tunjangan sertifikasi guru di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemnag) Kabupaten Bima, Drs. H. Yaman,  memasuki tahap kedua. Selasa (11/12) lalu, penyerahan tersangka Yaman dan barang bukti dilakukan oleh penyidik Polres Bima Kota ke Kejaksaan Negeri Raba Bima.

Dengan demikian, penanganan kasus Kepala Kemnag Kabupaten Bima itu ditangani oleh pihak Kejaksaan. Status Yaman pun ‘dibandrol’ menjadi tahanan kota.
Kapolres Bima Kota, AKBP Kumbul KS, S.IK, SH, yang dihubungi  Bimakini.com menyatakan penyerahan Yaman dan barang bukti dilakukan Selasa lalu. Selanjutnya, kewenangan pemrosesan ada pada pihak Kejaksaan.
“Tahap dua sudah kita lakukan kemarin (Selasa), mengenai status penahanan tersangka selanjutnya menjadi kewenangan Kejaksaan yang menanganinya,” terang Kapolres Rabu di Mapolres Bima Kota.
Kepala Seksi Inteligen Kejaksaan Raba Bima, Edi Tanto Putra, SH, yang dikonfirmasi membenarkan penyerahan tahap kedua telah diterima Kejaksaan pada Selasa lalu. Mengenai status penahanan, Yaman menjadi tahanan kota, seperti tiga tersangka lainnya dalam kasus yang sama.
“Ditahan dengan status tahanan kota, sama dengan dengan tiga terdakwa lainnya,” jelas Edi melalui pesan layanan singkat, Rabu.
Seperti disampaikan Kepala Seksi Pidana Khusus, Eca Mariartha, SH, sebelumnya kasus Yaman terkait pencairan sertifikasi guru yang merugikan negara sekitar Rp300 juta tersebut segera dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Mataram, apabila penyerahan tahap dua dari penyidik Kepolisian sudah dilakukan.
Untuk tiga tersangka dari Kemnag lainnya yakni Jufri, Abdul Muis, dan Fifi saat ini sedang disidangkan perkaranya di Pengadilan Tipikor Mataram. (BE.20)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Dunia maya belakangan ini, tengah dihebohkan dengan beredarnya foto seorang tersangka kasus Narkoba, yang tengah merayakan Hari Ulang Tahun di dalam ruang...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-  Apa yang dilakukan Putri Alfina Damayanti (14), pelajar SMPN  4 Sape, sebelum menghilang dari tengah keluarganya? Tidak banyak yang mengetahuinya. Hanya dikabarkan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.- Asa dan karya pembangunan wilayah Kota Bima selama ini tidaklah sesuka hati.  Tetapi, merujuk pada kondisi ttopografi wilayah. Semua dibangun tanpa...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Tahanan Polres Bima dalam kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor),  Syukrin (29), warga Desa Talabiu Kecamatan Woha, kabur dari sel  Polres Bima. Peristiwa...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Warna-warni tembe nggoli (sarung khas Bima) menghiasi momentum pengenalan perdana (launching) rangkaian peringatan Hari Jadi ke-14 Kota Bima, di halaman kantor...