Peristiwa

Brigade Masjid Minta Ulama tidak “Berpangku Tangan”

Kota Bima, Bimakini.com.-Menyikapi maraknya peredaran Narkoba di wilayah Kota Bima dalam sebulan terakhir, Brigade Masjid Kota Bima meminta para ulama tidak “berpangku tangan” melihat kenyataan tersebut. Semestinya ulama tidak hanya berkutat dengan berdakwah di masjid atau mimbar saja, tetapi harus sering ke masyarakat untuk melihat realitas sosial sesungguhnya.

“Para ulama dan ustaz-ustaz jangan hanya bisa beradu argumen atau dalil Al-Quran saja, tetapi tunjukan contoh nyata kepada masyarakat,” kritik Ketua Brigade Masjid Kota Bima, Burhanuddin, SP, kemarin, saat berkunjung di Mapolres Bima Kota.
Menurutnya, saat ini umat sangat membutuhkan panutan dan teladan yang bisa diikuti, bukan hanya sekadar penceramah. Namun, fakta terbalik justru terjadi, orang yang dianggap tokoh justru memberikan contoh buruk bagi masyarakat, para guru tidak lagi memerhatikan moralitas siswanya.

Imbasnya, kata dia, sejumlah kasus yang muncul di Bima merupakan bukti kelemaha kontrol sosial karena tidak ada figur yang berani tampil menyejukan. Selain itu, peranan orangtua dalam mendidik anaknya dengan mentalitas keagamaaan sudah berkurang.
“Untuk itu, wahai orangtua jangan hanya salahkan anak-anakmu karena di pengadilan Allah kalianlah yang lebih dulu dimintai pertanggungjawaban,” ingatnya.
Sebagai Ketua organisasi yang bernaung di bawah Badan Koordinasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), dia mengajak kepada semua komponen agar merapatkan barisan untuk menegakkan kebenaran. Hanya dengan kekompakan dalam satu jamaah, kemaksiatan dan penyakit sosial mampu dicegah.
“InsyaAllah kami Brigade Masjid siap untuk amar makruf nahi mungkar karena itu perintah dari Allah,” tegasnya.
Brigade Masjid menyadari Kepolisian tidak mampu sendiri dalam memberantas berbagai penyakit sosial, tetapi membutuhkan kebersamaan dan peranan semua pihak. Apalagi, hidup di Negara hukum Pancasila mesti selalu mengedepankan aturan, sehingga tetap harus berkoordinasi dengan penegak hukum sebelum bertindak.
Diingatkannya, penegak hukum terutama Kepolisian, apabila terlambat bertindak melihat kemungkaran yang terjadi, maka Brigade Masjid akan bertindak sesuai perintah agama. (BE.20)

 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top