Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Duh, Mayat Janin Ditemukan di Dara

Kota Bima, Bimakini.com.- Suasana Kelurahan Dara RT 07 RW 03 dihebohkan penemuan janin di dalam rumah warga setempat. Janin itu pertamakali ditemukan Selfiana (28), pemilik rumah dan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima mengindentifikasi dikubur sekitar tiga hari lalu.

Diduga, mayat janin itu hasil aborsi dari hubungan gelap pasangan tidak sah. Janin dibawa ke RSUD untuk otopsi dan keperluan penyelidikan guna memastikan penyebab kematiannya.

Menurut saksi mata, Selfiana, penemuan itu tanpa disengaja ketika sedang membersikan lantai rumah. Dia melihat gundukan tanah yang terletak dibawah balai bambu.

Karena curiga, dia pun melaporkannya kepada orangtuanya dan memanggil warga sekitar rumah.

Gundukan tanah yang terlihat seperti baru selesai ditimbun itu digali. Benar saja, mereka terkejut melihat bungkusan plastik berwarna putih berisi janin bau busuk. Di dalam bungkusan plastik juga ditemukan kapur barus dan pengharum pakaian yang diduga untuk mengurangi bau.

      “Beberapa minggu terakhir saya memang tidak tinggal di rumah karena sedang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN), sedangkan orangtua tinggal di Bolo sehingga saya sendiri yang menempati rumah,” terangnya kepada Bimakini.com di Dara, Selasa.

   Selfiana tidak menyangka ada orang yang mengubur janin tersebut di dalam rumahnya. Ketika pergi KKN, rumahnya selalu dalam keadaan terkunci, meskipun diakui sejumlah teman-teman wanitanya memang sering datang dan menginap.

“Saya hanya bisa menyerahkan hal itu kepada pihak Kepolisian untuk menyelidikinya,” katanya.

Tetangga Selfiana, Anas (37), mengaku sejak beberapa minggu terakhir sering melihat rumah tersebut dalam keadaan kosong karena ditinggal pemiliknya. Hanya saja, sekitar tiga malam lalu sempat mencurigai ada gadis yang sempat datang bersama lelaki dan masuk ke dalam rumah tersebut. Pada pagi harinya, sekitar pukul 10.00 WITA gadis itu dilihatnya lagi keluar dari dalam rumah sendirian.

   Pihak Polres Bima Kota yang dikonfirmasi melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim), IPTU Welman Fery, membenarkan penemuan janin bayi tersebut. Pihaknya sudah menggelar olah TKP, memvisum dan mengotopsi.

      Namun, mengenai kecurigaan mayat itu hasil aborsi yang sengaja dikubur atau bukan, belum bisa dipastikannya. Kasus tersebut kini telah ditangani unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Bima Kota.

   “Kita sudah mintai keterangan Selfiana, pemilik rumah sebagai saksi yang pertamakali melihat. Rencananya warga yang menggali akan ikut kita panggil juga untuk diambil keterangan,” terangnya di Sat Reskrim, Selasa.

Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima melalui dr. Ardian mengatakan mayat janin dibawa oleh pihak Kepolisian Senin (17/12) lalu sekitar pukul 15.30 WITA dalam keadaan terbungkus kantung plastik berwarna putih.

Katanya, dalam plastik tersebut berisi mayat janin bayi dengan panjang 44 centimeter, plasenta dan kapur barus berwarna putih.

Berdasarkan hasil pemeriksaan medis, jelasnya, usianya sekitar 12 minggu dan diperkirakan baru dikubur tiga hari lalu. Selain bau yang mulai membusuk, dugaan menguatkan adalah lumuran darah masih segar dan ari-ari yang menandakan belum lama dikubur.

“Mengenai jenis kelamin janin bayi, kita tidak bisa mengidentifikasi karena belum terlihat jelas,” terangnya saat ditemui Bimakini.com di RSUD Bima, Selasa.

Ditanya mengenai dugaan janin bayi itu merupakan hasil aborsi yang sengaja dikubur, diakuinya, belum bisa dipastikan. Untuk lebih jelas mengenai hal itu disarankannya menanyakan kepada pihak Kepolisian. (BE.20)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Warga Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu dihebohkan dengan penemuan janin bayi diduga hasil aborsi dilantai mini market Desa Sori Utu, Rabu (18/11)....

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Mayat yang ditemukan di Dam Rontu, sudah dikenali. Dia bernama Efendi (32). Mayat tersebut  dikenal oleh ayahnya A Hamid (61), warga...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Sesosok mayat ditemukan tersangkut di dam Rontu, lingkuangan Kotabaru Kelurahan Raba Dompu Barat, Jumat pukul 05.00 Wita. Mayat dengan ciri2 besar...

Hukum & Kriminal

Kota Bima,Bimakini.-  Bagaimana cerita awal penemuan mayat dengan kondisi tidak utuah dimasukan dalam karung goni di Ule Kota Bima? Pelaksana tugas Kasubag humas Polres...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-  Jalan kawasan pantai Ule menuju Kelurahan Kolo, Kota Bima, selasa (27/9) sore pukul 17.00 wita mendadak ramai setelah warga menemukan Potongan tubuh...