Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon Digalakkan

Kota Bima, Bimakini.com.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Jumat (28/12) pagi, menggalakkan Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon yang melibatkan sejumlah komponen. Program itu untuk menindaklanjuti amanat Presiden Republik Indonesia pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Desember sebagai bulan menanam nasional tahun 2011 lalu di Sentul Bogor, Jawa Barat.

        Wali Kota Bima, HM. Qurais, mengatakan saat itu Presiden mengamanatkan agar melakukan Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon yang diselenggarakan secara nasional dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan kritis, jalur hijau. Selain itu, sebagai antisipasi pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim yang sudah mulai dirasakan dampaknya pada hampir semua negara.
“Sebagai tindak lanjut amanat presiden tersebut, maka pada tahun 2012 ini Kota Bima mencanangkan hari Jumat 28 Desember ini sebagai Hari Penanaman Satu Miliar Pohon,” terang Qurais di halaman kantor Pemkot Bima.
Menurutnya, penanaman Satu Miliar Pohon tahun 2012 merupakan gerakan nyata penanaman masal untuk menambah tutupan lahan guna mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor, kekeringan dan kebakaran. Kemudian konservasi alam keanekaragaman hayati, penyerapan karbon dioksida diatmosfir untuk antisipasi dampak perubahan iklim serta ikut berpartisipasi terhadap kebutuhan panganm energi dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat.
“Untuk nasional ditargetkan tertanam satu miliar pohon sejak 1 Februari 2012 hingga 31 Januari 2012, sedangkan khusus untuk Kota Bima menargetkan tertanam minimal satu miliar pohon,” ujar Qurais.
Sasaran lokasi penanaman, jelasnya kawasan hutan pada hutan konservasi, hutan lindung dan hutan produksi yang rusak atau tidak produktif dan diluar kawasan hutan seperti pada lahan kritis, tidak produktif dan lahan gersang. Apalagi, Kota Bima saat ini masih banyak ditemukan kawasan tersebut yang kondisinya sangat memrihatinkan.
Dikatakannya, bila kondisi itu dibiarkan terus-menerus maka tidak mustahil Kota Bima akan mengalami bencana lebih dahsyat dari bencana yang pernah terjadi tahun 2006 silam. Untuk itu, seluruh komponen diajak menyukseskan gerakan  itu dengan berpartisipasi menanam pohon.
“Saya harapkan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia ini akan membangkitkan semangat swadaya masyarakat dalam gerakan penanaman demi masa depan anak cucu kita,” harapnya.
Menandai dimulainya gerakan itu, Wali Kota Bima bersama sejumlah pimpinan FKPD dan SKPD menanam pohon secara simbolis di halaman kantor Pemkot Bima. (BE.20)

 

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Selain di areal Gedung Seni Budaya (GSB) setidaknya ada lima titik pohon besar rawan tumbang dan rapuh di ruas jalan di...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pemkot Bima melalui OPD terkait akhirnya melakukan pemangkasan terhadap dahan pohon rapuh berada di sepanjang areal Gedung Serba Guna (GSB) Kelurahan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Kondisi pohon dan dahan di area Gedung Seni Budaya (GSB) dan jalan Sawo, Kelurahan Rabangodu Utara  sudah tua dan dikuatirkan membahayakan...

Hukum & Kriminal

Monta, Bimakini.com.- Bentrok antara kelompok warga kembali terjadi di Kabupaten Bima.  Kali ini melibatkan kelompok warga Desa Tolouwi dan Desa Sondo Kecamatan Monta, Sabtu...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Krisis air yang dialami warga Doridungga memantik perhatian “Gerakan satu galon untuk 100 Dahaga”. Kegiatan yang digagas oleh Pramuka Kabupaten Bima ini...