Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan bak Fenomena Gunung Es

  Kota Bima, Bimakini.com.-   Kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan di wilayah Bima ibarat fenomena gunung es. Meskipun dalam data laporan jumlahnya relati sedikit, namun diduga kejadian sesungguhnya lebih banyak.

      Direktris Lembaga Advokasi Hak Anak dan Perempuan (LAHAR) Bima, Rizkiah Mardiati, mengatakan jumlah kasus yang diterima pihaknya hingga awal Desember sebanyak tujuh kasus. Enam di antaranya kasus kekerasan dalam rumah-tangga dan satu kasus perkosaan terhadap anak.
          Pada tahun 2009, kata dia, LAHAR menerima laporan 11 kasus, 2012 sembilan kasus, dan 2012 tujuh kasus. Masih banyak kasus yang tidak dilaporkan dan masyarakat tidak tahu kemana harus meminta perlindungan.
        “Sebenarnya jumlah kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan cukup besar, hanya saja banyak yang tidak tahu harus melapor kemana,” ujarnya.
      Kasus KDRT yang  dilaporkan, kata Rizkiah, umumnya banyak diselesaikan secara damai. Seperti halnya salahsatu kasus yang ditangani, yakni  istri bekerja di Arab Saudi dan rutin mengirimkan uang kepada suaminya.
       Namun, katanya, ketika kembali ke kampung justru disodorkan tumpukan utang. Sang suami justru memerlakukan istri secara kasar hingga memukul. “Kasusnya sempat dilaporkan ke Polisi, namun akhirnya berujung damai,” ujarnya.
      Kasus KDRT, kata dia, umumnya dipicu perselingkuhan.  Ini pun disebabkan juga oleh faktor ekonomi. (BE.16)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh : Rahmania, S.Psi Daerah Bima Darurat Narkoba. Menurut laporan BNN daerah Bima data penggunaan narkoba kian tahun kian meningkat. Narkoba tentunya menjadi salah...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Rapat Koordinasi (Rakor) Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Bima Periode 2017-2020  berlangsung  Rabu (19/07) di aula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan...

Opini

Oleh: Eka Ilham.M.Si MENYOAL tentang tindak kekerasan dalam dunia pendidikan sama halnya kita menggali luka sebuah persoalan anak bangsa yang semakin akut. Untuk itu...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.com.-  Pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima belum menerima  laporan dari SMK 45 Kota Bima  berkaitan dengan kasus oknum...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.