Pemerintahan

Kecamatan Dompu Studi Banding ODF di Wawo

Bima, Bimakini.com.-Jajaran Kantor Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, Sabtu (15/12), mengadakan studi banding tentang  ODF di Kecamatan Wawo Kabupaten Bima. Kegiatan sehari itu dirangkai pertandingan bulutangkis dan tenis meja antar-staf Camat Wawo dengan Camat Dompu.

    Rombongan selain mengadakan pertemuan di kantor Kecamatan Wawo, juga berkunjung pada Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) SDN 2 Maria dan SMPN 1 Wawo. Mereka disambut hangat oleh Kepala SDN 2 Maria, Baharudin, S.Pd, M.Si dan Mulyadin, S.Pd, M.Pd, serta sejumlah guru. Jajaran Camat Dompu terpuaskan dahaga untuk menyaksikan  langsung lingkungan sekolah dan program ODF melalui jamban praktis murah dan meriah (Pramuria) di Maria Utara.
    Camat Dompu, Drs. Najamudin, mengaku kagum terhadap program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN 02 Maria.  Lingkungan sekolah yang luas, asri dan tertata rapi terasa kental suasana sejuk. Apalagi, pengaturan pertamanan  terlihat rapi, indah, dan nyaman. Demikian juga di SMPN 1 Wawo yang memiliki kebun sekolah dan beberapa kolam ikan.
    “Kita juga ingin seperti itu, tetapi kendala koordinasi yang dihadapi selama ini terkadang menghambat suksesnya program penataan lingkungan sekolah,” ujarnya saat berkunjung di SBI SDN 02 Maria, Sabtu.
    Najamudin mengaku salut terhadap kesuksesan Wawo meraih berbagai prestasi tingkat Provinsi NTB maupun tingkat Nasional. Istilah Wawo dalam bahasa Bima Puncak bukan hanya pemanis dibibir, tetapi diwujudkan dalam bentuk kerja keras dan menungkur berbagai prestasi.
    “Program ODF ini akan dipelajari dengan baik dan kita siap mengopi tata administrasi dan koordinasi yang digalang Camat Wawo selama ini,” katanya.
    Sepulang dari Wawo, katanya, akan menggelar pertemuan membahas mengenai langkah-langkah kreatif yang akan dilakukan di Kecamatan Dompu nanti. Hasil studi tour ini akan dijadikan bahan masukan untuk penataan Kecamatan Dompu ke depan.
    Camat Wawo, Drs. Muhammad Rum, M.Si, mengaku tersanjung dengan kehadiran rekannya dari Kecamatan Dompu. Suatu saat jajaran Camat Wawo juga akan berkunjung balik di Kecamatan Dompu. Pertemuan silaturrahim itu terasa akrab karena bisa saling isi mengisi, terutama menyukseskan program ODF di Kecamatan Dompu.
    “Sisi keberhasilan program ODF di Kecamatan Wawo diawali nawaitu lillahi taala untuk mengubah perilaku masyarakat dari yang membuang hajat sembarang menjadi masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan lingkungan,” katanya.
    Program ODF itu, kata dia, digalang oleh Kepala Puskesmas Wawo, Masturudin, S.KM dan tenaga Sanitarian Puskesmas Wawo, Ainullah, AM.Kes. “Keberhasilan  Wawo dijadikan Kecamatan ODF karena program itu terkoordinasi dengan baik dan dilaksanakan secara bersama,” katanya di Wawo, Sabtu.
Pertemuan yang berlangsung akrab itu dituntaskan  dengan bersantai di kolam renang Pesanggrahan Oi Wobo. (BE.13)
 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top