Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Kelurahan Tanjung Galakan Kebersihan Lingkungan

Kota Bima, Bimakini.com.-  Gerakan  pembersihan lingkungan, terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui aksi gotong-royong dan sosialisasi. Setelah anggota Linmas intensif “turun tangan” membersihkan sampah di sungai dan saluran (got) pada sejumlah lokasi, kini beberapa Satuan Kerja dan kelurahan mengintensifkan aksi serupa.

Seperti yang terlihat di Kelurahan Tanjung Kota Bima, Jumat (14/12) pagi. Aparat kelurahan dan sejumlah masyarakat setempat, bergotong-royong membersihkan lingkungan. Dibantu sejumlah personel Satuan Polisi Pamong Praja dan anggota Linmas Kota Bima, masyarakat dan perangkat kelurahan membersihkan sampah dan lumpur yang menghambat aliran air di sepanjang kali Romo dan sejumlah got. Aksi kebersihan itu juga dibantu sejumlah anggota TNI Kompi Senapan A Bima.
“Kebersihan lingkungan adalah tanggungjawab bersama. Bersama masyarakat Tanjung dan aparat pemerintah, kami membangun kebersamaan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih,” ujar Lurah Tanjung, Suryadin, SH.
    Diakuinya, kondisi lingkungan di Kelurahan Tanjung cukup memrihatinkan. Sampah berserakan pada sejumlah akses jalan dan gang, maupun yang menumpuk di kali Romo dan sejumlah saluran, perlu dibersihkan. Jika tidak, maka berpotensi munculnya penyakit berbasis lingkungan yang merugikan kesehatan masyarakat.
   Mengantisipasi hal itu dan meminimalisasi kecenderungan masyarakat membuang sampah sembarangan, Suryadin dan sejumlah perangkat Kelurahan Tanjung mengagendakan aksi pembersihan lingkungan setiap minggu. “Kita sudah punya program kebersihan serentak setiap minggu pada setiap Rukun Warga (RW),” katanya.
    Untuk melaksanakan program kebersihan rutin itu, diakuinya, saat ini  kekurangan peralatan kebersihan. Pemkot Biam diharapkan membantu pengadaan peralatan yang diperlukan seperti sekop dan lainnya. “Kami sudah meminta bantuan sejumlah peralatan tersebut. InsyaAllah Pemkot akan memberikannya awal Januari 2013 ini,” terang Suryadin.
    Pantauan Bimakini.com, aparat Kelurahan Tanjung dan masyarakat dibantu sejumlah anggota Linmas, Pol PP, dan anggota TNI Kompi Senapan A membersihkan sampah dan lumpur di sepanjang kali Romo dan got. Ada juga sebagian masyarakat lainnya, membersihkan got pada masing-masing lingkungan mereka.
    Saat itu, Wakil Wali Kota Bima, H. A. Rahman, SE, memantau aksi kebersihan tersebut. Usai kegiatan kebersihan, Rahman berdialog dengan masyarakat. Dia mengapresiasi kemauan dan inisiatif masyarakat Tanjung yang atensif terhadap lingkungan.
    Hal itu, setidaknya telah membantu dan mendukung Pemkot melaksanakan program Kota Bima Berteman (Bersih, Tertib, dan Aman).
Kepala Bakesbanglinmas, Drs. M. Nur Madjid, MH, dan Kepala Sat Pol PP Kota Bima, Drs. H. Mahfud, terlibat dalam aksi kebersihan itu. (BE.19)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh : Munir Husen (CALEG PKS DAPIL III) Salah satu program prioritas Pj Walikota Bima adalah masalah kebersihan, artinya program tersebut bersifat signifikan. Guna...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Drs. H. Mukhtar, MH., memimpin Apel “Gerakan Masyarakat Jum’at Pagi Bersih Lingkungan (Jumpa Berlian)” di Kelurahan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memastikan program kerja selama Tahun 2024 berjalan maksimal dan terukur, Penjabat (Pj) Wali Kota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kepala Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Bima, Drs HM Taufik, MSi, tiba-tiba masuk di sejumlah ruangan di lingkungan Kantor Bupati Bima, Selasa (9/10)...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai salah satu bentuk kepedulian lingkungan, Klinik Salmah Husada memogramkan Gerakan Bersih Masjid (GBM). Ini telah menjadi komitmen sosial, selain fungsi...