Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Kelurahan Tanjung Galakan Kebersihan Lingkungan

Kota Bima, Bimakini.com.-  Gerakan  pembersihan lingkungan, terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui aksi gotong-royong dan sosialisasi. Setelah anggota Linmas intensif “turun tangan” membersihkan sampah di sungai dan saluran (got) pada sejumlah lokasi, kini beberapa Satuan Kerja dan kelurahan mengintensifkan aksi serupa.

Seperti yang terlihat di Kelurahan Tanjung Kota Bima, Jumat (14/12) pagi. Aparat kelurahan dan sejumlah masyarakat setempat, bergotong-royong membersihkan lingkungan. Dibantu sejumlah personel Satuan Polisi Pamong Praja dan anggota Linmas Kota Bima, masyarakat dan perangkat kelurahan membersihkan sampah dan lumpur yang menghambat aliran air di sepanjang kali Romo dan sejumlah got. Aksi kebersihan itu juga dibantu sejumlah anggota TNI Kompi Senapan A Bima.
“Kebersihan lingkungan adalah tanggungjawab bersama. Bersama masyarakat Tanjung dan aparat pemerintah, kami membangun kebersamaan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih,” ujar Lurah Tanjung, Suryadin, SH.
    Diakuinya, kondisi lingkungan di Kelurahan Tanjung cukup memrihatinkan. Sampah berserakan pada sejumlah akses jalan dan gang, maupun yang menumpuk di kali Romo dan sejumlah saluran, perlu dibersihkan. Jika tidak, maka berpotensi munculnya penyakit berbasis lingkungan yang merugikan kesehatan masyarakat.
   Mengantisipasi hal itu dan meminimalisasi kecenderungan masyarakat membuang sampah sembarangan, Suryadin dan sejumlah perangkat Kelurahan Tanjung mengagendakan aksi pembersihan lingkungan setiap minggu. “Kita sudah punya program kebersihan serentak setiap minggu pada setiap Rukun Warga (RW),” katanya.
    Untuk melaksanakan program kebersihan rutin itu, diakuinya, saat ini  kekurangan peralatan kebersihan. Pemkot Biam diharapkan membantu pengadaan peralatan yang diperlukan seperti sekop dan lainnya. “Kami sudah meminta bantuan sejumlah peralatan tersebut. InsyaAllah Pemkot akan memberikannya awal Januari 2013 ini,” terang Suryadin.
    Pantauan Bimakini.com, aparat Kelurahan Tanjung dan masyarakat dibantu sejumlah anggota Linmas, Pol PP, dan anggota TNI Kompi Senapan A membersihkan sampah dan lumpur di sepanjang kali Romo dan got. Ada juga sebagian masyarakat lainnya, membersihkan got pada masing-masing lingkungan mereka.
    Saat itu, Wakil Wali Kota Bima, H. A. Rahman, SE, memantau aksi kebersihan tersebut. Usai kegiatan kebersihan, Rahman berdialog dengan masyarakat. Dia mengapresiasi kemauan dan inisiatif masyarakat Tanjung yang atensif terhadap lingkungan.
    Hal itu, setidaknya telah membantu dan mendukung Pemkot melaksanakan program Kota Bima Berteman (Bersih, Tertib, dan Aman).
Kepala Bakesbanglinmas, Drs. M. Nur Madjid, MH, dan Kepala Sat Pol PP Kota Bima, Drs. H. Mahfud, terlibat dalam aksi kebersihan itu. (BE.19)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kepala Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Bima, Drs HM Taufik, MSi, tiba-tiba masuk di sejumlah ruangan di lingkungan Kantor Bupati Bima, Selasa (9/10)...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai salah satu bentuk kepedulian lingkungan, Klinik Salmah Husada memogramkan Gerakan Bersih Masjid (GBM). Ini telah menjadi komitmen sosial, selain fungsi...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Masyarakat Kelurahan Tanjung dan Dara Kota Bima menempuh upaya dan kesepakatan damai (islah). Kesepakatan damai kedua itu ditandantangani Rabu (4/3/2015) di...

Ekonomi

Bima, Bimakini.com.-Ini pengakuan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bima. Hotel Kalaki Beach sampai saat ini tidak memiliki izin lingkungan. Padahal, itu menjadi prasayarat...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.-     Warga Kelurahan Dodu Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima mengepresiasi rencana pembangunan kantor kelurahan setempat. Apalagi, mulai Senin (23/9), tanah sekitar...