Peristiwa

Mahasiswa STIT Kunjungan Jurnalistik ke Museum Asi Mbojo

Kota Bima, Bimakini.com.-Mahasiswa semester tiga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sunan Giri Bima mengunjungi Museum Asi Mbojo Bima, Selasa (4/12). Kunjungan itu dalam rangka kegiatan tugas matakuliah Pendidikan Jurnalistik. Mahasiswa juga diajak melihat peninggalan pada bangunan bekas kesultanan Bima itu.

Dosen STIT Sunan Giri Bima, Sofiyan Asy’ari, mengatakan, kunjungan ini dalam rangka tugas menulis tentang peninggalan sejarah. Sebelumnya, mahasiswa juga ditugaskan menulis tentang minat kunjungan dan membaca mahasiswa di perpustakaan. “Banyak mahasiswa yang belum mengenal bagaimana sejarah Bima, salahsatu cara mengenalkan ke mereka dengan berkunjung ke Museum Asi Mbojo,” ujarnya.
Selain mendekatkan mahasiswa dengan sejarah Bima, kata Sofiyan, juga melatih kemampuan menulis. Budaya menulis di kalangan kaum terpelajar dinilai masih lemah. “Menulis masih dianggap belum menjadi kebutuhan kelompok intelektual kita. Padahal, menulis adalah salahsatu ukuran intelektualitas seseorang,”  katanya.
Katanya, Bima kaya sejarah, hanya saja tidak banyak yang menulis tentang peradaban leluhur Dou Mbojo.  Melalui kunjungan seperti ini sebagai salahsatu cara mengenalkan sejarah.
“Apalagi, ada yang mengaku baru pernah ke Museum Asi Mbojo. Sebaiknya pelajar diajak oleh pihak sekolah atau kampus sesekali berkunjung ke lokasi bersejarah di Bima,” sarannya.  (BE.16)
 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top