Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Masyarakat Sadia Agendakan Zikir dan Doa Akhir Tahun

Kota Bima, Bimakini.com.- Masyarakat Kelurahan Sadia Kecamatan Mpunda Kota Bima mengagendakan acara zikir dan doa bersama saat akhir tahun 2012 nanti. Acara akan dihelat (30/12) malam. Kegiatan yang sama juga dilakukan masyarakat setempat pada akhir tahun 2011 lalu.

Panitia kegiatan itu, Abdul Syukur, mengatakan kegiatan itu sudah disiapkan awal Desember lalu dan saat ini tinggal menunggu pelaksanaannya. Selain zikir dan doa, dirangkai malam haflah tilawatil Quran yang menghadirkan qari nasional dan  internasional.
Syukur mengatakan untuk menyukseskan kegiatan itu, panitia menggalang kerjasama dengan Ikatan Persaudaraann Qari-Qariah, Hafidz-Hafidzah (IPQAH) Kota Bima. Kegiatan itu merupakan agenda tahunan masyarakat yang ke depan akan menjadi warisan bagi masyarakat Sadia dan menghindari perayaan hura-hura. “Kami ingin kegiatan semacam ini menjadi warisan bagi anak dan cucu kami, oleh karenanya dua tahun ini kami sudah melaksanakannya, sehingga ke depan generasi berikutnya akan menyelenggarakan hal yang sama setiap menutup akhir tahun,” ujarnya Selasa (18/12) di Sadia.
      Dikatakannya, kegiatan itu didasari kerisauan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda terhadap penyelenggaraan akhir tahun selama ini. Masyarakat sangat menginginkan agar setiap akhir tahun ada kegiatan yang bertema religius.
      Dia  melihat selama ini pada berbagai sudut wilayah Kota Bima dan daerah lain, masyarakat menutup setiap akhir tahun dengan ekspresi kegembiraan dan hura-hura. Padahal, kegiatan yang demikian tidak memberikan manfaat.
   Dia menginginkan masyarakat Kota Bima umumnya dan Sadia khususnya  memanfaatkan momentum akhir tahun dengan introspeksi diri melalui kegiatan zikir dan doa. Sebab selama ini banyak yang tidak menyadari bahwa akhir tahun merupakan hari untuk muhasabah  mengenai amal dan ibadah yang dikerjakan selama ini.
    Syukur mengingatkan masyarakat Kota bisa mengikuti zikir dan doa bersama di Sadia nanti.
          Lurah Sadia, A. Rajak, S.Sos, mengapresiasi inisiatif masyarakat  menyelenggarakan kegiatan itu. Dia mengharapkan kegiatan itu bisa dihadiri  masyarakat Kota Bima. “Kegiatan  itu bukan hanya untuk masyarakat Sadia saja, namun masyarakat Kota Bima,” katanya. (BE.18)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Kontroversi pembagian los pasar Tente semakin meruncing saja. Pembahasan yang berkali-kali dilakukan, belum menemukan titik temu penyelesaian. Aksi demo saling menyuarakan aspirasi...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.- Rupanya tanah di Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba seluas 20,7 are yang menjadi objek perkara, telah disewakan kepada Abdullah, warga RT 09...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...

Opini

 Oleh: Musthofa Umar, S. Ag, M.Pd.I (Tulisan ini disampaikan pada Tausiyah PC PMII Bima di Masjid Al Anshor Penatoi – Kota Bima)  Berdasarkan tinjauan...