Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Nasabah BNI Bima Laporkan Teller ke Polres

Kota Bima, Bimakini.com.-Nasabah BNI Bima Unit Raba, Andri (14), asal Desa Sampungu Kecamatan Soromandi, melaporkan kasus raibnya sebagian uang kiriman kepada keluarganya ke Polres Bima Kota. Dari Rp500 ribu yang dikirimkannya, hanya Rp200 ribuan yang diterima oleh keluarganya di Mataram.  

Andri bersama keluarganya, Syafrudinm melaporkan dugaan tindak penipuan oleh teller Bank BNI tersebut ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Rabu (26/12) siang usai mendengarkan penjelasan pihak BNI Bima. Meski Pimpinan BNI Unit Raba mengakui hal itu merupakan kekeliruan teller, Busniar, dan mengembalikan sisa uang sebesar Rp300 ribu, keluarga korban tidak langsung menerimanya.
      Syafrudin mengaku setelah mendengar pengakuan adiknya, Andri, menyimpulkan bahwa masalah itu bukanlah kekeliruan, tetapi ada unsur kesengajaan. Masalahnya, indikasi kesengajaan teller telah muncul dari awal ketika tidak meminta penyetor atau pengirim uang menandatangani lembaran bukti setoran.
“Jika alasannya karena masih dibawah umur dan mereka sedang sibuk itu sangat tidak berdasar. Pegawai Bank harus tetap profesional sesuai prosedur yang ada,” terangnya dihubungi melalui telepon seluler, Jumat.
Selain itu, katanya, teller juga terbukti mengirimkan uang setoran yang seharusnya Rp500 ribu menjadi Rp200 ribu. Kekeliruan teller menghitung uang, apalagi salah mengirim nilainya bukan kewajaran karena mereka sudah terlatih untuk hal seperti itu.
Atas dasar itu, katanya, membawa persoalan ke ranah hukum sehingga ada koreksi dan evaluasi pihak Bank terhadap manajemen mereka.
“Ini bukan soal nomimal uang, tetapi profesionalisme bank nasional yang kami sorot. Ini baru kirim uang sedikit dan mungkin saja berpeluang kepada orang lain yang mengirim banyak,” katanya.
Di tempat terpisah, Kapolres Bima Kota, AKBP Kumbul KS, S.IK, SH, membenarkan pihaknya telah menerima laporan pengaduan dari Andri. Dia menjanjikan segera memrosesnya dengan memanggil terlapor dan  pelapor. “Kami baru terima laporannya Rabu lalu dan akan menindaklanjutinya dulu,” ujar Kumbul di Mapolres Bima Kota. (BE.20)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pihak Bank NTB Cabang Bolo didesak oleh Hj Hadijah untuk mengembalikan agunan berupa sertifikat lahan seluas 1 hektar lebih.  Pihak Bank NTB...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Sekelompok masyarakat mengatasnamakan Ikatan Mahasiswa Ambalawi (Imawi) aksi unjukrasa di depan BRI Unit Wera Kecamatan Ambalawi, Senin (1/3), sekitar pukul 10.50 Wita....

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...