Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Pembangunan UGD Puskesmas Wawo Rampung

Bima, Bimakini.com.- Pembangunan gedung Unit Gawat Darurat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Wawo sudah rampung dan lebih cepat dari alokasi waktu yang ditetapkan. Bahkan, seluruh ruangan sudah siap digunakan. Namun,  serahterima pelaksana proyek dengan Puskesmas Wawo direncanakan 25 Desember mendatang.

Pelaksana proyek, CV Gerhana, Julkifli, mengatakan, pembangunan gedung UGD seluas sembilan kali sepuluh meter itu menghabiskan  anggaran senilai Rp243,160 juta. Ruangan yang tersedia adalah UGD, ruangan obat, ruang perawatan, ruangan dokter, ruangan isolasi dan tindakan.
Pembangunan gedung UGD itu, kata dia, dimulai sejak 1 November dan mampu dirampungkan 15 Desember. Tenaga yang dikerahkan untuk percepatan pembangunan itu sekitar 12 orang, tiga orang tukan batu dan dua tukang kayu, selain pekerja dan tukang cat. Pengembangan pembangunan UGD ada penambahan toilet (WC) dua di bagian dalam dan satu WC di bagian luar.
    “Selama pengerjaan tidak ada kendala yang berarti, sehingga pekerja bisa merampungkan pembangunan lebih cepat dari rencana awal,” ujarnya di Puskesmas Wawo, Minggu (16/12).
Selama belum diserahterima, katanya, gedung itu masih dalam pengawasan dan tanggungjawab pelaksana proyek. Namun, setelah tanggal 25 Desember nanti tanggungjawab penggunaannya diserahkan kepada Puskesmas Wawo.
“Kita bersyukur dapat menyelesaikan pembangunan ini tepat waktu dan bisa lebih awal merampungkan pembangunannya,” katanya.
    Camat Wawo, Drs. Muhammad Rum, mengaku salut melihat perampungan pembangunan UGD Puskesmas Wawo. Apalagi, lebih cepat dari yang direncanakan akhir Desember. Namun, pembangunan itu mampu dirampungkan pertengahan Desember. Pembangunan ruangan UGD itu,  Puskesmas Wawo dapat leluasa menangani pasien yang membutuhkan pelayanan cepat.
    “Selama ini ruangan yang ada sempit dan tidak layak untuk dijadikan ruangan UGD, tetapi kini terkesan mewah dan luas. Kita bersyukur Pemkab Bima dapat merealisasikan pembangunan UGD semoga ruangan itu dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kemaslahatan bersama,” katanya di Wawo, Senin.
Hal senada dikemukakan Kepala Puskesmas Wawo, Masturudin, S.Kes. Keberdaan ruangan UGD yang representatif, maka pelayanan di Puskesmas Wawo akan lebih baik lagi. Apalagi, ditunjang dengan tenaga medis yang berpengalaman akan memberikan pelayanan cepat, cermat, dan tepat.     
Dia bersyukur saat duduk santai bersama Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST, di halaman Puskesmas Wawo beberapa bulan lalu, pihak Puskesmas Wawo meminta agar dibangunkan ruang UGD. Ternyata permintaan itu langsung direspons.
    “Kami bersyukur karena ruangan itu sangat besar manfaatnya untuk kepentingan umum, terutama pasien yang membutuhkan pelayanan cepat,” ujarnya di Puskesmas Wawo, Senin. (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Berita

Jakarta, Bimakini.- NTB, khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu contoh atau rolemodel yang visionable atau berkelanjutan. Hal itu...

CATATAN KHAS KMA

  NAMANYA Tengku Jubair. Rasanya agak asing juga, ada orang Bima yang yang namanya seperti itu. Anda tahu, nama itu biasanya dipakai oleh bangsawan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebanyak tujuh petugas Covid-19 di Puskesmas Bolo telah dilakukan uji Rapid Tes beberapa waktu lalu. Hasilnya, semua petugas tersebut non reaktif. Kepala...

CATATAN KHAS KMA

SEPERTI biasa, Ahad saya kerap mengikuti jalan pagi bersama Sahabat HMQ di bukit Jatiwangi. Keliling bukit dengan udara segar, pastilah sehat bagi kesehatan. Begitu...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima optimis realisasi kemajuan fisik proyek yang bersumber dari APBD Kabupaten Bima tahun anggaran 2017  mencapai 90 persen hingga akhir Desember...