Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Permohonan Pembinaan PNS Dominasi Kasus di BKD

Dompu, Bimakini.com.-  Hingga Desember tahun 2012, ada empat kelompok kasus yang ditangani oleh Badan Kepegawaian Daerah(BKD) Kabupaten Dompu. Empat kelompok kasus ketidakdisiplinan itu, didominasi kasus permintaan pembinaan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Untuk kasus permintaan pembinaan ada 45 kasus,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pegawai BKD Kabupaten Dompu, Abdul Najib, S.Sos, Rabu (12/12).
Selain itu, katanya, ada juga kasus disiplin pegawai yakni 19 kasus dan permohonan perceraian yang diajukan dengan alasan parkawinan tanpa izin. Dari permohonan perceraian itu, didominasi PNS wanita dengan alasan  suami menikah lagi, suami tidak bertanggungjawab, dan kasus kekerasan dalam rumah-tangga (KDRT).
Kasus lainya, ujar Nadjib, yakni ada tujuh kasus seperti kasus laporan penipuan, seperti modus menjanjikan masuk PNS dan kasus penipuan lainya yang diduga dilakukan PNS. “Untuk rekomendasi cerai, pihak BKD telah menerbitkan delapan rekomendasi pada tahun ini,” terang Nadjib.
   Setiap PNS yang minta cerai, katanya, tidak langsung diberikan rekomendasi. BKD akan memelajari, menelaah lebih dahulu, dan dibina.
    Dikatakannya, setelah interval waktu selama dua bulan tidak ada perubahan, padahal telah  dibina, maka baru direkomendasikan.  “Kitakan sifatnya pembinaan,” ujar Nadjib.
Katanya, ada juga yang diberi hukuman disiplin ringan melalui terguran lisan dan tertulis. Tahun 2012 ini, ada empat PNS yang diberikan hukuman berat hingga pemecatan. Kasusnya kini sedang menunggu jawaban banding dari Bapek Pusat.
    Untuk meminimalisasir beragam kasus itu, katanya, pembinaan sering  dilakukan BKD dengan memanggil di kantor maupun langsung ke kecamatan. Jika dibandingkan tahun 2011 lalu tidak ada perubahan. Malah, tingkat kedisiplinan dinilai sama.
    Untuk pegawai yang pensiun tahun 2012 ini, ada 123 orang. Pensiun janda dan duda sebanyak 33 orang. “Dari yang pensiun itu, yang masih proses di BKN ada 18 orang,” jelas Nadjib. (BE.15)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bima diam-diam menerima kembali tenaga honorer baru. Pahadal, beberapakali sudah ditegaskan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Enam orang diduga pestas sabu ditangkap, Rabu (16/11/2016) pukul 16.50 Wita di kosa-kosan pertama Rt 09 RW 03 Kelurahan Lewirato Kecamatan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Seluruh pegawai  Dinas Pendidikan, Pemuda, Dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Bima  Jumat (04/11/2016) mengikuti kegiatan pembinaan   di aula dinas setempat. Pembinaan dilakukan...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.com.-  Pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima belum menerima  laporan dari SMK 45 Kota Bima  berkaitan dengan kasus oknum...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.- Selain bertugas mengatur lalulintas, Sat Lantas Polres Bima juga peduli  terhadap  kegiatan lainnya. Seperti saat ini,  dalam kegiatan Polisi Peduli Pelajar. Mereka...