Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

PNPM PISEW di Madapangga dan Soromandi Rampung

Bima, Bimakini.com.-  Pelaksanaan Program Nasional (PN-PM) PISEW Kecamatan Madapangga dan Soromandi telah rampung hingga pelaporan pada 17 Desember lalu. Bahkan, telah terbentuk Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat Program yang telah dilaksanakan, terutama saluran irigasi untuk lahan pertanian.

    Fasilitator Kecamatan (FK) Madapangga, Faisal Anshary, ST, mengatakan, sebanyak 35 paket kegiatan yang dilaksanaan di Madapangga telah rampung, sedangkan jenis kegiatan adalah pembangunan saluran irigasi dan jalan ekonomi masing-masing 200 meter hingga 250 meter. Namun, jumlah itu akan bertambah karena ada swadaya masyarakat sekitar 10 persen.
    Dia mencontohkan, swadaya masyarakat seperti memberikan sebagian lahan sawah dan tegalan yang terkena jalur irigasi dan jalan ekonomi. Kegiatan itu dimulai sejak bulan Juli lalu setelah ada perintah kerja hingga pelaporan terakhir sekitar 17 Desember lalu.
    Program PN-PM PISEW itu, katanya, diberikan untuk membenahi infrastruktur sosial-ekonomi pada satu wilayah, sehingga diharapkan bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, seluruh paket yang sudah dilaksanakan hendaknya dimanfaatkan dengan baik sekaligus dipelihara.
    “Membangun itu sangat mudah, tetapi memelihara yang sudah ada sangat sulit. Karena itu perlu dibentuk KPP untuk menjaga dan memeliharanya, sehingga paket itu dapat dimanfaatkan warga dalam waktu yang lama,” kata mantan FK PNPM PISEW ini.
    Hal senada dikemukakan FK Soromandi, Wahyudin, ST. Sejumlah paket kegiatan di Kecamatan Soromandi telah dilaksanakan dan seluruh infrastruktur yang telah dibangun mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.
     Namun yang lebih penting, katanya, pemeliharaan program yang sudah terlaksana agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama karena belum tentu paket yang sama akan keluar di tempat yang sama.
“Ini yang harus disadari oleh semua pihak, bahwa program apa saja yang dikucurkan oleh pemerintah pada hakikatnya adalah untuk kemaslahatan warga itu sendiri,” katanya di Wawo, Kamis (27/12). (BE.13)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Massa yang tergabung Laskar Tani Donggo Soromandi (LTDS), Rabu (8/7) mendatangi DPRD Kabupaten Bima. Mereka menuntut pemerintah melalui perusahaan daerah mampu menyerap...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sejumlah pendemo dari Laskar Tani Donggo – Soromandi, bertindak anarkis merusak pintu gerbang dan pos jaga bagian barat Kantor Pemda Bima, Rabu...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Mahasiswa yang tergabung dalam barisan Tani Donggo-Soromandi, kembali aksi di depan Kantor Pemkab Bima, Rabu (10/6). Mereka menuntut pemerintah daerah menstabilkan harga...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Terkait pemungutan uang oleh Komite di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Madapangga, menunggu keputusan Gebernur. Jika keputusan sudah keluar, maka pihak...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Audiensi Kepala Dinas (Kadis) Pertanaian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispertapa) Kabupaten Bima, yang didampingi oleh Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Bima, Ilham...