Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Posyandu, Ujung Tombak Pembenahan Kesehatan Masyarakat

Bima, Bimakini.com.- Ujung tombak pembenahan kesehatan masyarakat di tingkat desa ada pada Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Soalnya, kegiatan imunisasi, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Kesehatan Lingkungannya, PKM, Promosi Kesehatan (Promkes), dan lainnya ada di Posyandu.

Hal itu dikemukakan Kepala Puskesmas Wawo, Masturudin, S.KM, saat Rapat Koordinasi Kecamatan (Rakorcam) Wawo menghadapi tahun 2013 di aula kantor Kecamatan Wawo, Selasa (18/12).
Dia berharap rencana awal program kesehatan tahun 2013 ini,  mampu melahirkan semangat baru dan kinerja baru karena tahun depan riset kesehatan dasar tidak lagi kumulatif disebut tingkat Kabupaten Bima, tetapi disebutkan tingkat kecamatan.
“Jadi akan kelihatan kecamatan mana yang  dinilai punya peran bagus terhadap partisipasi pelaksanaan kegiatan kesehatan di Kabupaten Bima,” ujarnya di aula kantor Kecamatan Wawo, Selasa.
Khusus untuk Kecamatan Wawo, katanya, meski grafik terlihat ada kemajuan di bidang kesehatan yang signifikan, tetapi ke depan harus lebih baik lagi, terutama semua standar target yang ditentukan akan dipenuhi dan bisa melebihi dari target yang ditentukan.
“Target kita harus sesuai dengan standar pelayanan minimal. Seperti tingkat partisipasi masyarakat tahun ini baru sekitar 80 hingga 90 persen, tahun depan bisa mencapai seratus persen,” katanya.
Camat Wawo, Drs. Muhammad Rum, M.Si, mengatakan kinerja yang sudah baik selama ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Terutama peningkatan pelayanan minimum yang telah ditentukan, sehingga derajat kesehatan masyarakat daerah dataran tinggi Wawo kian membaik dibandingkan kecamatan lain di Kabupaten Bima.
“Kita berharap perencanaan dan koordinasi yang dilaksanakan selama ini dapat ditingkatkan lagi, sehingga pencapaian target sesuai yang diharapkan,” katanya.
Rakorcam  menghadirkan pemateri bukan hanya dari Puskesmas Wawo, tetapi juga dari Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima. Oleh karena  itu, pemateri dari Dikes Kabupaten Bima adalah Fatmah HM Tahir, A.Md.Kep dan Dwi Sulistyanto, S.KM.
Pemateri Puskesmas Wawo, Ida Rofika, A.Md Kep, berkaitan dengan Cakupan Program KIA, Nurbaya, A.Md Kep, (Cakupan Program Gizi), Ibnu Zubair, S.Kep (Cakupan Program Promosi Kesehatan dan Posyandu).  (BE.13)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Untuk menekan angka kematian ibu dan bayi, Kodim 1608/Bima bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, melakukan sosialisasi ke wilayah pedalaman Kabupaten Bima. Kegiatan ini terangkai...

NTB

Kota Bima, Bimakini.-  Kunjungan Kerja Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah di Pulau Sumbawa berlanjut ke Kota Bima, Kamis (22/10).  Salah satu...

NTB

Dompu, Bimakini.- Perkembangan Posyandu Keluarga di Dompu mendapatkan apresiasi, karena menjadi salah satu kabupaten yang hampir seratus persen memiliki Posyandu Keluarga. Wakil Gubernur NTB,...

NTB

Dompu, Bimakini.- Usai meresmikan Posyandu Keluarga di Desa Ta’a, Kecamatan Kempo, Dompu, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, langsung menuju ke Rumah...

NTB

Mataram, Bimakini.- Kepala Pusat Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, dr. Hasto Wardoyo, mengapresiasi program unggulan NTB Gemilang terkait posyandu keluarga. Ia...