Olahraga & Kesehatan

Posyandu, Ujung Tombak Pembenahan Kesehatan Masyarakat

Bima, Bimakini.com.- Ujung tombak pembenahan kesehatan masyarakat di tingkat desa ada pada Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Soalnya, kegiatan imunisasi, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Kesehatan Lingkungannya, PKM, Promosi Kesehatan (Promkes), dan lainnya ada di Posyandu.

Hal itu dikemukakan Kepala Puskesmas Wawo, Masturudin, S.KM, saat Rapat Koordinasi Kecamatan (Rakorcam) Wawo menghadapi tahun 2013 di aula kantor Kecamatan Wawo, Selasa (18/12).
Dia berharap rencana awal program kesehatan tahun 2013 ini,  mampu melahirkan semangat baru dan kinerja baru karena tahun depan riset kesehatan dasar tidak lagi kumulatif disebut tingkat Kabupaten Bima, tetapi disebutkan tingkat kecamatan.
“Jadi akan kelihatan kecamatan mana yang  dinilai punya peran bagus terhadap partisipasi pelaksanaan kegiatan kesehatan di Kabupaten Bima,” ujarnya di aula kantor Kecamatan Wawo, Selasa.
Khusus untuk Kecamatan Wawo, katanya, meski grafik terlihat ada kemajuan di bidang kesehatan yang signifikan, tetapi ke depan harus lebih baik lagi, terutama semua standar target yang ditentukan akan dipenuhi dan bisa melebihi dari target yang ditentukan.
“Target kita harus sesuai dengan standar pelayanan minimal. Seperti tingkat partisipasi masyarakat tahun ini baru sekitar 80 hingga 90 persen, tahun depan bisa mencapai seratus persen,” katanya.
Camat Wawo, Drs. Muhammad Rum, M.Si, mengatakan kinerja yang sudah baik selama ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Terutama peningkatan pelayanan minimum yang telah ditentukan, sehingga derajat kesehatan masyarakat daerah dataran tinggi Wawo kian membaik dibandingkan kecamatan lain di Kabupaten Bima.
“Kita berharap perencanaan dan koordinasi yang dilaksanakan selama ini dapat ditingkatkan lagi, sehingga pencapaian target sesuai yang diharapkan,” katanya.
Rakorcam  menghadirkan pemateri bukan hanya dari Puskesmas Wawo, tetapi juga dari Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima. Oleh karena  itu, pemateri dari Dikes Kabupaten Bima adalah Fatmah HM Tahir, A.Md.Kep dan Dwi Sulistyanto, S.KM.
Pemateri Puskesmas Wawo, Ida Rofika, A.Md Kep, berkaitan dengan Cakupan Program KIA, Nurbaya, A.Md Kep, (Cakupan Program Gizi), Ibnu Zubair, S.Kep (Cakupan Program Promosi Kesehatan dan Posyandu).  (BE.13)
 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top