Connect with us

Ketik yang Anda cari

Opini

Refleksi 2012: “Kapitalisme Sumber Bencana, Khilafah Solusi”

                                                         (Farid Wajdi)
Tahun 2012 segera berlalu. Banyak peristiwa telah terjadi. Dalam catatan Hizbut Tahrir, ada 10 peristiwa atau topik penting seputar ekonomi, politik maupun sosial budaya sepanjang tahun 2012.

Pertama, kekayaan alam dijarah asing. Kedua, korupsi yang tidak berhenti, bahkan semakin meluas dan menggurita. Ketiga, persoalan buruh yang tidak kunjung selesai. Keempat, buramnya wajah hukum di Indonesia, disamping hukum amburadul dan penegaknya juga bengkok. Kelima, proses legislasi yang sarat kepentingan kapitalisme dan merugikan kepentingan rakyat. Keenam, konflik horizontal yang semakin meluas yang mencerminkan kegagalan konsep Bhinneka Tunggal Ika. Ketujuh, meningkatnya kenakalan remaja, tepatnya tindakan kriminal remaja, sebagai cerminan kegagalan sistem pendidikan nasional. Kedelapan, isu terorisme dan program deradikalisasi yang menjadikan Islam dan umat Islam sebagai musuh. Kesembilan, penghinaan terhadap Nabi yang terus berulang. Kesepuluh, gejolak dunia Islam yang semakin memanas.
    Melihat potret buram yang terus berulang  itu, bahkan semakin kelam,  Hizbut Tahrir Indonesia memberikan beberapa catatan penting sebagai rekomendasi yang perlu kita pikirkan. Pertama, setiap penerapan sistem sekuler, yakni sistem yang tidak bersumber dari Allah SWT, Sang Pencipta manusia, kehidupan dan alam semesta yang Mahatahu, pada berbagai bidang kehidupan pasti akan menimbulkan kerusakan dan kerugian bagi umat manusia. Dikuasainya sumberdaya kekayaan alam negeri ini oleh kekuatan asing, kelamnya persoalan perburuhan, maraknya korupsi pada seluruh sendi di seantero negeri, konflik horizontal yang tiada henti, kenakalan dan kriminalitas di kalangan remaja yang tumbuh di mana-mana adalah bukti nyata dari kerusakan dan kerugian itu.
    Ditambah kedzaliman yang diderita umat pada berbagai negara, penghinaan terhadap Nabi yang terus terjadi serta sulitnya perubahan ke arah Islam dilakukan oleh karena dihambat oleh negara Barat yang tidak kehilangan kendali kontrol atas wilayah-wilayah di Dunia Islam. Ini  semestinya menyadarkan kita semua untuk bersegera kembali kepada jalan yang benar, yakni jalan yang diridhai Allah SWT, dan meninggalkan semua bentuk sistem dan ideologi kufur, terutama kapitalisme yang nyata-nyata sangat merusak dan merugikan umat manusia.
     Kedua, Demokrasi dalam teorinya adalah sistem yang memberikan ruang kepada kehendak rakyat. Tetapi, dalam kenyataannya negara-negara Barat tidak pernah membiarkan rakyat di negeri-negeri Muslim membawa negaranya ke arah Islam. Mereka selalu berusaha agar sistem yang diterapkan tetaplah sistem sekuler meski dibolehkan dengan selubung Islam, serta penguasanya tetaplah mereka mau berkompromi dengan kepentingan Barat.
     Itulah yang terjadi saat ini di negeri ini, sebagaimana tampak dari proses legislasi di parlemen dan kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah, khususnya di bidang ekonomi dan politik seperti terlihat dalam program war on terrorism yang sangat prokepentingan Barat.
    Cengkeraman Barat juga tampak di negeri-negeri Muslim yang tengah bergolak seperti di Suriah, begitu juga di Mesir dan negara-negara lain di kawasan Timur Tengah. Bahkan Palestina yang telah diakui sebagai  entitias politik, tetaplah bukan suatu negara dalam arti yang sesungguhnya.
     Kenyataan ini juga  semestinya memberikan peringatan umat Islam untuk tidak mudah terkooptasi oleh kepentingan negara penjajah. Selain itu, juga peringatan kepada penguasa dimanapun agar menjalankan kekuasaannya dengan benar, penuh amanah demi tegaknya kebenaran Islam, bukan demi menurutkan nafsu serakah kekuasaan dan kesetiaan pada negara penjajah.
     Pembuatan peraturan perundang-undangan yang bakal membungkam aspirasi rakyat, seperti RUU Kamnas dan peraturan perundangan serupa di negeri ini, mungkin sesaat akan berjalan efektif, tetapi cepat atau lambat itu semua justru akan memukul balik penguasa itu sendiri.
     Ketiga, oleh karena itu, bila kita ingin serius lepas dari berbagai persoalan yang tengah membelit negeri ini  seperti sebagiannya telah diuraikan di atas,  maka kita harus memilih sistem yang baik dan pemimpin amanah. Sistem yang baik hanya mungkin datang dari Dzat yang Mahabaik, itulah syariah Islam dan pemimpin yang amanah adalah yang mau tunduk pada sistem yang baik itu.
      Di sinilah esensi seruan Selamatkan Indonesia dengan Syariah yang gencar diserukan oleh Hizbut Tahrir Indonesia. Karena hanya dengan sistem berdasar syariah yang dipimpin oleh seorang khalifah Indonesia, dan juga dunia, benar-benar bisa menjadi baik. Melalui  sistem ini pula terdapat nilai transedental (ibadah) dalam setiap aktivitas sehari-hari yang akan membentengi setiap orang agar bekerja ikhlas, tidak terkontaminasi oleh kepentingan pribadi, golongan maupun asing.
       Sistem syariah memiliki paradigma yang jelas bahwa memimpin adalah amanah dari Allah dan syariah adalah jalan satu-satunya untuk memberikan kebaikan dan kerahmatan Islam bagi seluruh alam semesta, sedemikian kedzaliman dan penjajahan bisa dihapuskan di muka bumi. Allahu Akbar!

Penulis adalah pengurus Hizbut Tahrir Indonesia

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bima, menggelar diskusi refleksi akhir tahun, Sabtu (26/12/2015) di aula FKUB...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.com.- Ini pengakuan dari anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima terkait proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2012 yang...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Warga Desa Nggembe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima memastikan selama tahun 2012 tidak pernah ada proyek jalan tani maupun kegiatan peningkatan jalan ekonomi...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.-Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Bima merayakan Hari Ulang Tahun ke-50. Peringatan HUT Emas itu dihelat di aula Kadin Bima dan...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.com.-   Kendati intensitas hujan pada musim kali ini relatif tinggi, namun riwayat penyakit berbasis lingkungan diakui Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima menurun. Itu...