Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMPN 1 Bina Siswa Melalui Cerdas-Cermat

Kota Bima, Bimakini.com.-Sekolah Menengah Pertama  Negeri (SMPN) 1 Kota Bima terus berupaya meningkatkan kompetensi siswa melalui  berbagai inovasi program. Di antaranya, sekolah setempat menggelar kompetisi cerdas-cermat antarkelas dengan memanfaatkan waktu lowong usai ujian semester.

Kepala SMPN 1 Kota Bima, Abdul Karim, S.Pd, M.Pd, mengatakan berakhirnya ujian semester bukan berarti motivasi belajar siswa terhenti. Apalagi, ujian semester bukan satu-satunya indikator untuk mengukur kecerdasan siswa. Lomba cerdas- cermat tersebut sebagai program berkelanjutan untuk memotivasi siswa agar terus mengembangkan kemampuannya.
Katanya, pihak sekolah secara rutin mengadakan lomba itu setiap akhir semester dengan sasaran utama kegiatan yakni menyongsong Ujian Nasional (UN) bagi siswa kelas IX. Tujuan lainnya diharapkan siswa terbiasa berpikir cepat dan tepat.
“Alhamdullillah hasilnya memang terlihat ketika mereka melanjutkan SMA. Hal itu terbukti bahwa dari 10 siswa SMAN 1 Kota Bima yang menang lomba Empat Pilar Kebangsaan beberapa waktu lalu, 9 di antaranya merupakan siswa kami,” ujarnya Jumat (28/12).
Catatan prestasi gemilang SMAN 1, ujarnya, turut membanggakan SMPN 1 karena pernah mendidik sembilan siswa tersebut terbiasa berpikir cepat melalui cerdas-cermat. Saat lomba peserta dituntut menjawab cepat dan tepat soal yang diberikan sesuai alokasi waktu.
“Hal itu juga akan berguna ketika mereka UN nanti untuk terbiasa mengerjakan soal sesuai dengan waktu yang diberikan,” katanya di sekolah setempat.
Ketua Panitia Cerdas-Cermat, Abdi Abdara, S.Pd, mengatakan lomba diadakan selama tiga hari, sejak Rabu lalu hingga Jumat. Peserta yang mengikuti adalah semua perwakilan kelas reguler dan unggulan dari kelas VII hingga kelas IX. Mereka akan diadu sesuai dengan tingakatan kelasnya masing-masing.
Katanya, regu yang memenangkan lomba akan mendapatkan penghargaan berupa piagam dan uang saku dari sekolah. Selain itu, akan dibina khusus untuk disiapkan pada olimpiade dan berbagai lomba lainnya. (BE.20)
 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Berita

Kota Bima, Bimakini.-  Video viral anak SMA yang protes Polantas dengan bahasa Bima, kini makin populer saja. Di fanpage Otosia.com, hingga Kamis pagi, 3...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kecamatan Woha menggelar debat calon Ketua Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) tahun 2016-2017 di aula sekolah setempat,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pelajar kelas II SMPN 1 Belo Kabupaten Bima, Elfi Sukaesi, mendapatkan beasiswa prestasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  RI, Selasa (20/09).  Remaja ...

Berita

Bima, Bimakini.com.- Diduga mengkonsumsi  pil Tramadol, dua orang siswa seuah SMA swasta di  Bolo dan satu siswa SMA negeri di Bolo ditangkap oleh anggota...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.com.- Kasus pengancaman  terhadap  guru  muncul  di SMK 45 Kota Bima. Para guru diancam menggunakan pisau yang diduga melibatkan siswa setempat berinisial...