Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Syamsudin Menangkan Pilkades Maria Utara

Bima, Bimakini.com.-   Syamsudin, terpilih sebagai Kepala Desa Maria Utara Kecamatan Wawo, setelah dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar di lapangan umum Wawo, Rabu (12/12). Sebanyak 744 suara diraihnya dari 1.296 pemilih. Pejabat lama, Junaidin meraih 504 suara, dan 48 suara batal.

Jumlah pemilih sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.516 pemilih dan sekitar 220 pemilih tidak memberikan hak suaranya.
Setelah dinyatakan menang oleh Ketua panitia Pilkades, Busran, S.Pd, M.Si, calon incumbent langsung memberikan ucapan selamat dan memeluk Syamsudin.
    “Inilah pemilihan dan hanya satu yang terpilih. Warga telah memilih Syamsudin untuk menjadi Kepala Desa Maria Utara periode enam tahun ke depan. Saya ucapkan selamat,” ujar Junaidin usai penghitungan suara.
Dia mengharapkan Kades baru mampu bekerja lebih baik lagi, terutama perubahan dalam berbagai pembangunan. Sesuai komitmen bersama, siapapun yang menang harus didukung. “Saya tetap siap membantu Kades yang baru untuk bersama-sama membangun desa ini ke arah yang lebih baik dan lebih maju lagi,” katanya.
    Bagaimana reaksi Kades terpilih, Syamsudin? Katanya, kemenangan itu merupakan hasil perjuangan bersama untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Ini merupakan kemenangan warga. “Saya tidak mungkin terpilih kalau bukan karena dukungan dari masyarakat. Namun, setelah pemilihan kita bersatu kembali untuk membangun desa ini menuju desa yang mandiri dan lebih maju. Kita songsong kemajuan itu dengan kebersamaan dan kerja keras,” tuturnya.
Camat Wawo, Drs. Muhamad Rum, M.Si, mengatakan, pemilihan Kades Maria Utara berlangsung aman, tertib, dan lancar mulai memberikan hak suara sekitar pukul 08.00 Wita hingga pukul 16.30 WITA. Meski diakui ada beberapa kendala saat pencoblosan dan penghitungan suara. Apalagi, saat penghitungan suara yang ditunggu-tunggu warga ternyata diguyur hujan lebat, tetapi tidak menyurutkan panitia untuk menuntaskan penghitungan suara hingga diumumkan pemenangnya.
“Kita apresiasi dengan baik kerja keras panitia untuk menghasilkan pemilihan yang aman, tertib dan lancar,” katanya.
    Hal senada dikemukakan Kapolsek Wawo, IPDA Suryadin. Aspek keamanan senantiasa dipantau tiga hari sebelum dan beberapa hari sesudah pelaksanaan, terutama deteksi dan pemantauan lapangan berkaitan dengan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
    Sebelum dan pasca-Pilkades, katanya, tugas yang diemban aparat Kepolisian adalah menjaga kondusivitas lingkungan. “Alhamdulillah beberapa Pilkades di Wawo sebelum dan sesudah pelaksanaan kondisi keamanan tetap kondusi dan terjaga dengan baik,” katanya. (BE.13)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 57 desa yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Bima, 6 Juli 2022...

Politik

Bima, Bimakini.- Sebanyak 14 dari 17 calon yang mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Bergelombang di Daerah Dataran Tinggi Wawo Kabupaten Bima Periode...

Politik

Bima, Bimakini. – Momentum Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara bergelombang Tahun 2022 memasuki tahapan penetapan Bakal Calon (Balon) menjadi Calon Kepala Desa (Cakades). Di...

Politik

Bima, Bimakini.- Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sondosia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima menetapkan Bakal Calon (Balon) menjadi Calon Kepala Desa (Cakades), Kamis (24/3). Pola...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Rato, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dituding ada muatan politik Pilkades....