Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

BPK akan Periksa Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bima

Bima, Bimakini.com.-Pemeriksaan awal mengenai pengelolaan keuangan di Kabupaten Bima akan dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi NTB. Informasi yang diperoleh, tim BPK itu akan datang di Bima sekitar tanggal 28 Januari mendatang.

       Kasubag Informasi dan Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Suryadin, M.Si, mengatakan, informasi dari Kabag Keuangan melalui Kasubag Anggaran, Hariman, SE, M.Si, membenarkan akan adanya pemeriksaan dari BPK akhir Januari mendatang. Pemeriksaan itu ada dua tahap yakni pra-audit mengumpulkan data dan materi yang berkaitan dengan realisasi tahun anggaran 2012, yang berasal dari semua SKPD.
       Setelah data dikumpulkan, katanya, akan ditelaah oleh tim audit. Dari hasil telaahan itu ada semacam kesimpulan. Jika diperoleh ada kejanggalan atau bermasalah, maka tim audit BPK akan datang lagi selama 30 hari setelah ada jeda selama seminggu.
    “Kedatangan tim audit yang kedua kalinya itu untuk melakukan audit inti, sekaligus akan dilakukan cross check selama 30 hari lagi,” ujarnya di kantor Pemkab Bima, Senin (21/1).
        Menjelang pemeriksaan itu, katanya, Penjabat Bupati Bima, Drs. H. Syafrudin, M.Pd, telah menggelar rapat evaluasi persiapan menghadapi agenda pemeriksaan itu. Bahkan, mengecek kehadiran para Kepala SKPD dan Bendahara dalam rapat evaluasi, beberapa hari lalu. “Bagi Kepala SKPD yang Bendahara-nya  belum hadir, disilakan dijemput,” katanya.
   Berkaitan rencana pemeriksaan tersebut, kata Suryadin,  Wabup menginstruksikan agar para Bendahara pengeluaran dan Bendahara penerimaan memerhatikan administrasi pelaporan. Bagi Bendahara pengeluaran agar menyiapkan dokumen-dikumen mencakup buku register SPP/SPM/SPJ/SP2D, Buku kas, pajak, buku bank, bukti penyetoran, register SPP, SMP. SP2D periode tahun 2012.
      Dokumen lain yang perlu  disiapkan Bendahara, katanya, mencakup  dokumen SPJ kegiatan, kontrak dan dokumen pendukung oleh masing-masing PPTK. Untuk Bendahara penerimaan, diminta menyiapkan buku kas umum, tanda setoran bank dan laporan SPJ pendapatan fungsional maupun struktural.
    Mengenai bahan laporan keuangan, masing-masing SKPD teknis segera  menyiapkan laporan persediaan barang, piutang pajak, piutang pemakaian kekayaan daerah, dana bergulir, aset  yang dihibahkan kepada masyarakat, aset yang diserahkan oleh pemerintah dan sejumlah materi laporan pendukung lainnya.
    Kepada pimpinan SKPD, katanya, Wabup berharap agar menggunakan  anggaran pada  masing-masing DPA SKPD secara cermat dan dapat dipertanggungjawabkan.  Disamping  dapat memantau kegiatan yang dilakukan oleh para Bendahara. Begitu pula kepada para Bendahara pada masing–masing SKPD agar dapat menyelesaikan semua administrasi terkait dengan SPJ.
      Dikatakannyam menghadapi sejumlah agenda Pemerintah Daerah, pada tahun 2013  seluruh Kepala SKPD mesti bekerja ekstra dengan sejumlah program dan kegiatan yang telah dicanangkan agar ke depan dapat  keluar dari predikat disclaimer. (BE.13)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima berhasil mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran 2019. Penyerahan LHP tersebut dilakukan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...