Olahraga & Kesehatan

Dikes Klaim Kasus Demam Berdarah Menurun

Kota Bima, Bimakini.com.-Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima mengelaim kasus musiman demam berdarah dengue (DBD) menurun, hal itu berdasarkan hasil evaluasi tahun 2012 lalu. Tahun 2011 lalu ada 55 kasus yang ditangani dengan penderita 26 orang positif, sedangkan tahun 2012 menurun drastis tujuh kasus.

Sekretaris Dikes Kota Bima, Muhammad Hasyim, S.Sos, SH, M.Ec. Dev mengatakan tahun 2013 pihaknya belum mendapatkan laporan penderita. Untuk meminimalisasi penyakit musim hujan tersebut, Dikes telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya menyelidiki riwayat penyakit sehingga bisa diketahui cara mencegahnya.
      Sejak pergantian musim, penyuluhan  dilakukan pada setiap kelurahan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan pola hidup sehat. Sebab dengan lingkungan bersih dan pola hidup sehat maka penyakit akan bisa dicegah.
“Kami juga menyoalisasikan 3M plus yakni menguras, menutup, mengubur, dan tidur memakai kelambu,” jelas Hasim di Dikes, kemarin.
       Selain itu, katanya, Dikes melalui semua Puskesmas membagikan abate gratis kepada masyarakat. Obat itu untuk membunuh sarang dan jentik nyamuk pada air tergenang dan tempat basah lainnya. Namun, dia mengapresiasi pola hidup bersih masyarakat yang dinilai ikut mengurangi penderita DBD.
Meski demikian, masyarakat tetap diingatkannya agar selalu waspada terhadap penyakit musim hujan lainnya seperti malaria, diare, dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).
Menurutnya, penyakit ISPA bisa menyerang siapa saja. Hanya saja, kebanyakan yang berpotensi terkena penyakit ini adalah anak-anak. Penyakit ini sering timbul apabila terjadi perubahan musim seperti saat ini.
“Untuk mencegahnya masyararakat harus menerapkan pola hidup bersih, makan yang bergizi dan memelihara kebersihan lingkungan,” ingatnya. (BE.20)

 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top