Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

DKP Dorong Pemberdayaan Budidaya dan Hasil Tangkap

Bima, Bimakini.com.-Tahun 2013 Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) akan melanjutkan upaya mendorong pemberdayaan masyarakat pesisir dan nelayan melalui program budidaya dan hasil tangkap. Tahun ini pemerintah akan mengalokasikan dana untuk membina 15 kelompok tangkap.

    Kepala Bidang (Kabid) Budidaya DKP Kabupaten Bima, Agus Yudhi Ananto, APi, menyebutkan, selain pembinaan 15 kelompok tangkap, sejumlah program yang akan dilanjutkan tahun ini diantaranya pembinaan budidaya seperti kolam lele, pembinaan nelayan, sertifikasi tanah nelayan.
“Saat ini item-itemnya baru pokok-pokoknya saja, belum fix (tetap), namun kita punya komitmen memercepat proses penyusunan DPA, sehingga program ke masyarakat lebih cepat lagi,” terangnya, kemarin, di dinas setempat.
    Masih sama seperti tahun sebelum, DKP akan lebih selektif dalam menetapkan kelompok nelayan dan budidaya yang akan menerima bantuan. Penerima bantuan dipastikan hanya mereka-mereka yang serius melaksanakan usaha sesuai petunjuk dari dinas. “Secara umum ada perbaikan dengan tahun lalu, pembinaan dan intensitas penyuluhan kepada masyarakat lebih ditingkatkan lagi,” katanya.
    Agus mengatakan, selain itu pemerintah juga akan mendorong kelompok mandiri dalam masyarakat dan melanjutkan program KUM. Khusus alokasi anggaran kegiatan tangkap hanya difokuskan pada penggantian alat yang rusak. Saat ini pemerintah juga tetap melanjutkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kelautan seperti penyiapan air bersih.
    “Kalau PNPM lebih difokuskan penyiapan air bersih tahun kemarin di Lira, sedangkan tahun ini dilanjutkan di Pusu,” jelasnya. (BE 17)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima saat ini sedang  membangun fasilitas ruangan pendingin  (Cold Storage) ikan berkapasistas 100 ton. Mesin...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Kontroversi pembagian los pasar Tente semakin meruncing saja. Pembahasan yang berkali-kali dilakukan, belum menemukan titik temu penyelesaian. Aksi demo saling menyuarakan aspirasi...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...

Opini

 Oleh: Musthofa Umar, S. Ag, M.Pd.I (Tulisan ini disampaikan pada Tausiyah PC PMII Bima di Masjid Al Anshor Penatoi – Kota Bima)  Berdasarkan tinjauan...