Olahraga & Kesehatan

DKPP Programkan Penataan Lingkungan Bersih

Kota Bima, Bimakini.com.-Tahun 2013, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Bima mencanangkan program lingkungan bersih menuju Kota Bima yang bersih dan masyarakat sehat. Program itu saat ini sudah disiapkan dan dalam waktu beberapa hari ke depan mulai disosialisasikan.

    Kepala DKPP Kota Bima, Ir. Hj. Siti Jaenab, mengatakan program lingkungan bersih memang sudah dijalankan beberapa tahun sebelumnya, namun kali ini lebih ditekankan pada kebersihan lingkungan dan rumah tangga. DKPP dalam menyukseskan program tersebut telah menyiapkan personel dan sarana pendukunga lainnya. Namun, sebelum program itu mulai dilakukan, DKPP akan secara kontinu melaksanakan sosialisasi tentang tata lingkungan yang bersih dan sehat.
    Untuk menyukseskan program tersebut, katanya, DKPP juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dikes), karena antara kebersihan dan kesehatan saling mendukung. Satu tantangan melaksanakan program itu yakni bagaimana menyadarkan masyarakat  agar bisa menerapkan pola hidup bersih secara permanen. “Selama ini pola hidup bersih itu sifatnya sesaat saja, ibarat pasang-surut air laut,” katanya.
    Dikatakannya, penanaman kesadaran  terhadap  kebersihan langsung dilakukan kepada rumah-tangga, dengan harapan satu rumah-tangga bisa melaksanakan kebersihan lingkungan rumahnya sendiri dan membiasakan membuang sampah pada tempatnya. Misalnya  memasukannya ke dalam karung untuk selanjutnya mobil pengangkut sampah akan mengambilnya.
Program itu, diharapkannya untuk tahap awal bisa mencapai target 25 persen dari masyarakat Kota Bima untuk selanjutnya terus dikembangkan.
    Jaenab mengaku program itu akan difokuskan kepada lingkungan kumuh dan kotor atau masyarakat yang  belum menyadari sepenuhnya arti kebersihan. Dia meminta agar masyarakat bisa bekerja sama dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat. (BE.18)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top