Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Edi: Yaman Hadir saat Sidang Perdana

Kota Bima, Bimakini.com.-   Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemnag) Kabupaten Bima, Drs. H. Yaman, menghadiri siang perdana sebagai terdakwa dalam kasus dugaan korupsi terhadap tunjangan sertifikasi guru di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Daerah, Mataram, Jumat (4/1) lalu. Demikian diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Bima, Edi Tanto Putra, SH, Senin (7/1) saat dihubungi melalui telepon seluler.

Sidang perdana itu dengan agenda pembacaan dakwaan dan mendengarkan sejumlah saksi, namun Edi tidak memberikan keterangan berapa banyak saksi yang dihadirkan karena alasan tertentu. Dia juga mengaku sidang dengan agenda yang sama akan dihelat pekan ini.
Tiga terdakwa lainnya, yakni Jufri, Fifi, dan Abdul Muis juga telah menjalani sidang di Pengadilan Tipikor dan masih menunggu saksi-saksi. Edi berharap proses persidangan kasus itu berjalan dengan lancar tanpa hambatan.
Sebelumnya, Edi menuturkan bahwa keempat terdakwa didakwa dengan Undang-Undang (UU) Korupsi dengan ancaman hukuman minimal 1, 2, 3 dan 4 tahun penjara. Untuk tiga terdakwa Jufri, Fifi dan Abdul Muis sudah menjalani beberapa kali persidangan.
Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Bima, Muhammad Irfan, M.Si, mendukung aparat penegak hukum dalam pemberantasan kasus korupsi. Dia mengapresiasi kinerja penegak hukum selama ini dalam mengusut dan menuntaskan kasus korupsi, namun meminta agar seluruh kasus korupsi baik yang masih diproses atau yang nanti ada laporan baru bisa cepat ditindaklanjuti. “Karena korupsi merupakan sesuatu yang sangat meresahkan masyarakat,” katanya.
Dia juga menyarankan agar semangat penegak hukum dalam memberantas korupsi tidak kendor, namun lebih ditingkatkan lagi. Pemberantasan korupsi adalah tugas mulia. Irfan ingin seluruh kasus korupsi yang dilaporkan bisa dituntaskan dalam rangka penegakan supermasi hukum dan pemberian efek jera terhadap oknum-oknum yang ingin “nakal”. (BE.18)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.com.- Selama empat hari, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima mengikuti kegiatan bimbingan dan teknik (Bimtek) di Jakarta. Kegiatan itu dalam...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.com.- Massa dari elemen Masyarakat untuk Transparansi daerah (Mantanda) Bima dan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda untuk Perubahan (Ampera), menggelar aksi di DPRD Kabupaten...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-Sejumlah foto erotis yang diduga diambil saat acara di hotel Kalaki dan disponsori oleh salahsatu perusahaan rokok, kemarin, beredar. Dalam foto itu, penari...