Pemerintahan

K3M Gelar Rakor Persamaan Persepsi

Kota Bima, Bimakini.com.-   Kelompok Kerja Kepala Madrasyah (K3M) Kota Bima, Rabu (9/1), menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk menyamakan persepsi soal penyelenggaraan ujicoba dan menghadapi Ujian Nasional bagi siswa Madrasyah. Rakor itu dihadiri oleh seluruh Kepala Madrasyah  dari tingkat MI hingga MA.

Ketua K3M Kota Bima, Abdul Haris, M.Pd,  mengatakan setiap awal tahun K3M berdasarkan program kerjanya tetap menyelenggarakan Rakor menyamakan persepsi untuk menyelenggarakan ujian ujicoba. Selama ini, madrasyah di Kota Bima tetap menyelenggarakannya, walaupun tetap mengikuti jadwal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora).

Untuk tahun ini, berdasarkan kesepakatan bersama seluruh Kepala Madrasyah bahwa ujicoba dibagi masing-masing tingkatan atau jenjang pendidikan. Namun, intensitas ujian tetap sama sebanyak empat kali, ditambah ujian yang sama dari Dinas Dikpora Kota Bima.

Dia menilai langkah pernyamaan persepsi semacam itu bisa berdampak positif terhadap pencapaian hasil UN. “Setiap tahun kami tetap menyelenggarakan Rakor, ini juga sebagai media evaluasi capaian UN selama ini,” ungkapnya.

    Dalam Rakor itu juga dibahas beberapa permasalahan yang dihadapai oleh sekolah, guru, dan siswa saat menghadapi UN maupun penyelenggaraan. Dari setiap masalah itu secara bersama akan dicarikan solusi sehingga ada penyelesaian dari masalah yang dihadapi.

    Untuk pencapaian UN tahun ini, Haris optimis seluruh madrasyah di Kota Bima mampu memertahankan kelulusan UN 100 persen seperti tahun sebelumnya. Bahkan, Madrasyah mampu meraih nilai UN tertinggi se-Kota Bima untuk tahun lalu. “Ini prestasi bagi kami yang harus kami pertahankan dan kami maksimalkan,” ujarnya.

    Di tempat terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Mapenda Kantor Kementerian Agama (Kemnag) Kota Bima, Drs. H. A. Munir, mengingatkan agar seluruh Kepala Madrasyah  agar serius menyiapkan diri menghadapi UN. Munir mendukung setiap strategi yang dilakukan oleh guru maupun Kepala Madrasyah dalam menghadapi UN demi meraih prestasi terbaik dan memertahankan kelulusan 100 persen. (BE.18)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top