Olahraga & Kesehatan

Komisi IV Evaluasi RSUD Bima

Kota Bima Bimakini.com.-  Merespons banyaknya keluhan masyarakat soal pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima, Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bima Rabu (30/1) memantau dan mengevaluasi lembaga kesehatan itu. Delapan anggota Komisi IV secara bergantian memasuki sejumlah ruang perawatan pasien dan apotek. Mereka diterima Kepala Bidang Keperawatan, Hj. Siti Rosni, dan Kepala Bidang Pelayanan, Heru Joko S.

Kepada Bimakini.com, Ketua Komisi IV, Ahmad, SP, mengatakan  pematauan dan pengevaluasian tersebut untuk merespons berbagai keluhan masyarakat soal  pelayanan dan kekurangan fasilitas, selain itu untuk mengetahui penggunaan angggaran belanja tahun 2012. Ahmad mengaku dalam kunjungan tersebut melihat langsung kondisi RSUD, proses pelayanan, dan kelengkapan sarana.

Dia menilai, ada peningkatan pelayanan dibanding beberapa tahun sebelumnya. Begitu juga halnya dengan manajemen kepegawaian dan keuangan. “Kita lihat dari sisi manajemen ada peningkatan, tetapi harus terus ditingkatkan. Sementara alat yang kurang sudah tersedia,” ujarnya.

    Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pelayanan, Heru Joko S, mengaku pihaknya sedang serius membenahi manajemen pelayanan.  Hasilnya mulai terasa, meski belum begitu nyata karena membutuhkan waktu.  Tetapi, diakuinya, mengubah paradigma pelayanan yang selama melekat tidaklah mudah. Tetapi, pihaknya akan terus berupaya memenuhi keinginan masyarakat tersebut.

       “Kami akui ada kelemahan pelayanan di sini. Tetapi, kami akan terus berupaya meningkatkannya,” ujarnya.

Heru berjanji peningkatan pelayanan ini akan dilakukan pada semua sisi. Bukan saja pelayanan langsung pada para pasien yang  sakit, tetapi termasuk pada para pengunjung dan keluarga pasien. Hal yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan pengunjung, merupakan satu di antara prioritas penanganan seperti pengaturan jam besuk dan penjagaan.  Termasuk masalah parkir kendaraan bermotor.

Menurutnya, banyaknya kendaraan bermotor yang diparkir di halaman RSUD Bima menyebabkan lalulintas kendaraan  pelayanan kadang terhambat. Pihaknya meminta agar DPRD mengupayakan agar berkomunikasi dengan pengelola parkir dan memindahkan lokasi parkir dari halaman RSUD Bima.   

Anggota Komisi IV, Ilham Yusuf, SH, mengaku dalam kunjungan tersebut secara khusus meminta kepada Kepala Bidang Pelayanan  agar selalu meningkatkan pelayanan dan tidak memandang status ekonomi dan sosial pasein. Karena satu di antara misi  Rumah Sakit adalah pelayanan  terbaik  pada semua pasien, tanpa diskriminasi.

Menurut duta PKS ini, satu di antara unsur pelayanan yang terkadang diabaikan adalah keramahan dan ketulusan para petugas.  “Senyum tulus dan sentuhan lembut dari paramedis akan meringankan beban pasien dan keluarganya,” ujarnya.

Dia pun meminta agar para perawat berlatih dan membiasakan senyum pada pasien. “Meski di rumah atau keluarga lagi ada masalah, tetapi ketika sedang melayani pasien sebisa mungkin tersenyumlah. Apalagi senyum itu adalah ibadah,” pungkasnya. (BE.14)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top