Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Lapesdam NU Apresiasi Kerja TPFR Bima

Bima, Bimakini.com.-  Lembaga Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lapesdam) Nahdhatul Ulama (NU) Kabupaten Bima, mengapresiasai kerja Tim Pencari Fakta dan Rehabilitasi (TPFR) Bima.  Diharapkan hasil kerja dan temuan TPFR terus dipublikasikan agar publik mengetahui apa yang sesuangguhnya terjadi. Apresiasai itu disampaikan Direktur Lapesdam NU Kabupaten Bima, Asrul Raman, M.Pd, Rabu (16/1).

      Dikatakannya, tidak semestinya tindakan antiteror yang dilakukan oleh institusi Kepolisian juga mengambil jalan kekerasan, membunuh yang yang berlum pasti keterlibatannya. Asas praduga tidak bersalah harus dikedepankan  dan terduga harus menjalani proses hukum.
“Saya tidak setuju kalau pola pemberantasan terorisme dengan  jalan pembunuhan,” ungkapnya melalui telepon seluler, Rabu.
Jika pola pembunuhan ini yang dijadikan jalan dalam pemberantasan terorisme, kata Asrul, maka tidak ubahnya mengulangi  tindakan pemerintahan Orde Baru. Dimana mereka yang dianggap preman dan meresahkan masyarakat dimusnahkan.  “Sehingga muncul istilah saat itu Petrus, penembak misterius. Preman yang dianggap meresahkan ditembak mati,” katanya.
Akibatnya, kata dia,  mereka yang memiliki tato, meski bukan preman resah dan kuatir. Kini muncul lagi kecurigaan terhadap mereka yang memelihara jenggot dan rajin beribadah ke masjid sebagai kelompok yang meresahkan dan dianggap radikal. “Pola-pola seperti ini yang di-setting dari Barat,” katanya.
Asrul mengatakan Bima bukanlah ladang atau lumbung tumbuh berseminya teroris. Masyarakat Bima sesungguhnya patuh dan taah pada ketetapan Allah. Secara kultur, masyarakat Bima juga memiliki rasa persaudaraan tinggi, sehingga mengeliminasi tumbuhnya terorisme. “Mereka tidak layak ditembak mati, tanpa menjalani proses hukum,” tegasnya.
Akademisi dan pengamat terorisme, Syarif Ahmad, M.Si, mengatakan muncul dugaan istilah industrialisasi terorisme. Suatu paham yang diimpor atau diekspor dari Barat. “Terorisme itu bukan gerakan logal atau regioal, namun  global. Suatu gerakan yang dilakukan oleh kelompok tertentu dengan tujuan politik dengan mengganggu stabilitas atau memengaruhi kebijakan pemerintah,” ujarnya saat dialog di BimaTV dengan tema Bima dan Cap Terorisme, Selasa sore.
Indikasi terirosme  sebagai industrialisasi, kata Syarif, dapat dilihat pula pada kasus isu komunisme di Indonesia. Ketika itu untuk pemberantasan komunisme, Indonesia mendapat dukungan dana dari luar. “Saya pun punya data dari hasil penelitian, bahwa pemberantasan terorisme di Indonesia ini didanai oleh Barat,” ungkapnya.
Seperti dilansir Bimakini.com sebelumnya, TPFR Bima sudah mengumumklan hasil investigasi tahap pertama, tentang klaim Kepolisian Bahtiar salah satu yang ditembak mati Densus 88  namun hasil investigasi TPFR, membuktikan bahtiar tidak pernah ke Poso.
Kini TPFR juga memfasilitasi pemulangan jenasah dan pengurusan izin pemakaman, karena sempat muncul penolakan dari sejumlah masyarakat Desa Timu Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. (BE.16)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...